Formulasi Strategi Pemasaran Minuman Herbal Instan Kelompok Wanita Tani Berdikari Wonosobo, Jawa Tengah
View/ Open
Date
2018Author
Siswanto, Leilla Faz'riah Hertiawati
Sarma, Ma'mun
Metadata
Show full item recordAbstract
Mobilitas masyarakat yang semakin meningkat memerlukan kondisi
kesehatan yang optimal. Kondisi kesehatan tubuh tidak lepas dari konsumsi
makanan dan minuman yang sehat. Kelompok Wanita Tani (KWT) Berdikari
merupakan usaha kecil yang memproduksi minuman herbal instan. Strategi
pemasaran yang tepat diperlukan oleh usaha kecil ini agar mampu menghadapi
persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis
faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi formulasi strategi
pemasaran KWT Berdikari, 2) memformulasikan alternatif strategi pemasaran
yang baik untuk diterapkan, dan 3) menyusun dan merekomendasikan strategi
pemasaran yang tepat untuk diimplementasikan oleh KWT Berdikari. Penelitian
ini menggunakan metode pengolahan data yang terdiri dari analisis IE, SWOT,
dan AHP. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari matriks IFE (2.498) dan matriks
EFE (2.281), posisi KWT Berdikari berada di sel V pada matriks IE dengan tipe
strategi “menjaga dan mempertahankan”. Alternatif strategi yang menjadi
prioritas utama bagi pemasaran minuman herbal instan KWT Berdikari adalah
meningkatkan aktivitas promosi yang efektif dan efisien (0.319).
Collections
- UT - Management [3354]