Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92322
Title: | KebijakanDaerahdalam PenyelenggaraanAngkutan Umum Massal(StudidiTranspakuan KoridorBubulak– Ciawi,Kota Bogor |
Authors: | Hakim, Dedi Budiman Mulatsih, Sri Hadikumara, Fikri |
Issue Date: | 2018 |
Publisher: | Bogor Agricultural University (IPB) |
Abstract: | Penelitianinifokuspadamodatransportasiantaraangkutanumum massal"Transpakuan"danmodatransportasiyangada,yaituangkutan kota,ojekdaringdansepedamotoryangberoperasiantararuteTerminal Bubulak-Ciawi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktorfaktoryangmempengaruhipemilihanmodatransportasi. Tujuanlainnya adalah untuk merumuskan kebijakan daerah dalam penyelenggaraan angkutanumum massal. Metodeyangdigunakandalam penelitianiniyaitumodellogitselisih danAnalyticalHierarchyProcess(AHP).Dataprimerdiperolehdarisurvey statedpreference danindepthinterview.Datasekunderdiperolehdari instansiterkait. Wawancara dilakukan terhadap 305 responden,terdiridari100 angkutankota,101motorpribadidan104ojekdaring.Lokasisurvey meliputikawasansekitarStasiunBogor,HaltePMI,HalteEkalokasari, HalteSindangBarang,HalteDPRD,danterminalBubulak. Modellogitpemilihanmodamenggunakanvariabelperbedaanbiaya perjalanan(X1),perbedaankecepatan(X2),perbedaanwaktutunggu(X3), perbedaan kenyamanan halte (X4) antara Transpakuan dan moda transportasiyang ada.Hasilujistatistik menyimpulkan bahwa biaya perjalanan, kecepatan perjalanan, dan waktu tunggu signifikan mempengaruhi ketiga segmen responden dalam pemilihan moda transportasi.Pada responden pengguna angkutan kota selain ketiga variabel tersebut, kenyamanan halte turut mempengaruhi dalam pemilihan moda.Probabilitasterbaikagarpenggunamodaeksisting beralihpadaTranspakuanadalahskenarioTranspakuansebagaiberikut tarifRp3500(Rp183/km),kecepatanperjalanan20km/jam,waktu tunggu10menitdansheltertertutupberpendinginruangan.Probabilitas penggunaTranspakuansebesar0.81atau81%daripenggunaangkutan kota,0.58atau58%daripenggunamotorpribadidan0.6atau 60%dari penggunaojekdaring. Kebijakan untuk meningkatkan jumlah penumpang Transpakuan dalam penyelenggaraanangkutanmassalyangberkelanjutandianalisis denganAnalyticalHiercarchyProcess,sesuaiurutanprioritasnyaadalah sebagaiberikut:(a)memberikansubsidioperasionalbagiTranspakuan,(b) peningkatan kualitas koridor transpakuan dengan menghilangkan hambatan sepanajang jalurTranspakuan,dan (c)pengadaan armada TranspakuanmelaluipenyertaanmodalkepadaPDJTatausubsidimodal kepadaoperatorswasta. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92322 |
Appears in Collections: | MT - Professional Master |
Files in This Item:
File | Size | Format | |
---|---|---|---|
2018fik.pdf Restricted Access | 30.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.