KebijakanDaerahdalam PenyelenggaraanAngkutan Umum Massal(StudidiTranspakuan KoridorBubulak– Ciawi,Kota Bogor
View/ Open
Date
2018Author
Hadikumara, Fikri
Hakim, Dedi Budiman
Mulatsih, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitianinifokuspadamodatransportasiantaraangkutanumum
massal"Transpakuan"danmodatransportasiyangada,yaituangkutan
kota,ojekdaringdansepedamotoryangberoperasiantararuteTerminal
Bubulak-Ciawi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktorfaktoryangmempengaruhipemilihanmodatransportasi.
Tujuanlainnya
adalah untuk merumuskan kebijakan daerah dalam penyelenggaraan
angkutanumum massal.
Metodeyangdigunakandalam penelitianiniyaitumodellogitselisih
danAnalyticalHierarchyProcess(AHP).Dataprimerdiperolehdarisurvey
statedpreference danindepthinterview.Datasekunderdiperolehdari
instansiterkait.
Wawancara dilakukan terhadap 305 responden,terdiridari100
angkutankota,101motorpribadidan104ojekdaring.Lokasisurvey
meliputikawasansekitarStasiunBogor,HaltePMI,HalteEkalokasari,
HalteSindangBarang,HalteDPRD,danterminalBubulak.
Modellogitpemilihanmodamenggunakanvariabelperbedaanbiaya
perjalanan(X1),perbedaankecepatan(X2),perbedaanwaktutunggu(X3),
perbedaan kenyamanan halte (X4) antara Transpakuan dan moda
transportasiyang ada.Hasilujistatistik menyimpulkan bahwa biaya
perjalanan, kecepatan perjalanan, dan waktu tunggu signifikan
mempengaruhi ketiga segmen responden dalam pemilihan moda
transportasi.Pada responden pengguna angkutan kota selain ketiga
variabel tersebut, kenyamanan halte turut mempengaruhi dalam
pemilihan moda.Probabilitasterbaikagarpenggunamodaeksisting
beralihpadaTranspakuanadalahskenarioTranspakuansebagaiberikut
tarifRp3500(Rp183/km),kecepatanperjalanan20km/jam,waktu
tunggu10menitdansheltertertutupberpendinginruangan.Probabilitas
penggunaTranspakuansebesar0.81atau81%daripenggunaangkutan
kota,0.58atau58%daripenggunamotorpribadidan0.6atau 60%dari
penggunaojekdaring.
Kebijakan untuk meningkatkan jumlah penumpang Transpakuan
dalam penyelenggaraanangkutanmassalyangberkelanjutandianalisis
denganAnalyticalHiercarchyProcess,sesuaiurutanprioritasnyaadalah
sebagaiberikut:(a)memberikansubsidioperasionalbagiTranspakuan,(b)
peningkatan kualitas koridor transpakuan dengan menghilangkan
hambatan sepanajang jalurTranspakuan,dan (c)pengadaan armada
TranspakuanmelaluipenyertaanmodalkepadaPDJTatausubsidimodal
kepadaoperatorswasta.
Collections
- MT - Professional Master [887]