Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92261
Title: Hubungan Komunikasi Pemasaran Produk Olahan Pertanian Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Sikap Konsumen (Kasus Usaha Mikro Kecil Menengah Sartika-Barka Cilegon, Banten).
Authors: Hapsari, Dwi Retno
Utami, Tedja Nissa
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Jumlah melinjo yang melimpah dimanfaatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk diolah menjadi emping. Pemasaran produk emping melinjo mengalami berbagai kendala yakni kurang baiknya promosi dan banyaknya UMKM sejenis yang dapat menjadi saingan. Agar produk UMKM dapat tetap eksis di pasaran, salah satu cara yang dilakukan yaitu menerapkan strategi komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis upaya komunikasi pemasaran yang telah dilakukan dan bagaimana hubungannya dengan sikap konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang didukung dengan data kualitatif melalui panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara komunikasi pemasaran yang dilakukan UMKM Sartika-Barka dengan sikap konsumen. Mayoritas konsumen menerima pesan hanya dari beberapa media dengan frekuensi sedikit namun kognitif, afektif, konatif konsumen tinggi. Kognitif konsumen terbentuk melalui pengalaman menggunakan produk, afektif terbentuk berdasarkan evaluasi terhadap produk, sementara konatif merupakan wujud dari kognitif dan afektif.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92261
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File SizeFormat 
I18tnu.pdf
  Restricted Access
31.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.