Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91584
Title: Strategi Pemasaran UMKM dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta).
Authors: Hubeis, Musa
Riani, Etty
Dewi, Mariena
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sangat strategik karena memiliki potensi besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. Hal tersebut dapat dilihat dari kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja oleh UMKM, pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional, devisa nasional dan investasi nasional. Salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh UMKM dan merupakan salah satu peluang untuk mengembangkan usaha UMKM tersebut adalah memperluas akses pasar, baik dalam maupun luar negeri. Seperti diketahui bahwa pertumbuhan bisnis ritel dari tahun ke tahun cukup pesat, dengan adanya peluang di pasar ritel tersebut, diharapkan UMKM dapat mengembangkan usahanya melalui perluasan pasar. Ada beberapa strategi pemasaran yang harus dikembangkan untuk memasuki pasar ritel modern, salah satu contohnya melalui pengembangan produk melalui kemasan (branding) yang dapat meningkatkan daya tarik dan daya saing produk. Berdasarkan kondisi tersebut, dilakukan kajian mengenai strategi pemasaran UMKM dalam meningkatkan daya saing di pasar ritel modern. Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis kondisi UMKM di Pasar Ritel Modern; (2) menganalisis karakteristik perilaku konsumen produk UMKM di Pasar Ritel Modern; dan (3) menyusun strategi pemasaran pengembangan usaha UMKM di Pasar Ritel Modern. Metode pengambilan contoh dilakukan di PT MadaniFood, sedangkan perilaku konsumen dilakukan pada pasar ritel modern Carrefour. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA), Strategi Segmentation, Targeting dan Positioning (STP), dan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil penelitian Importance Performance Analysis (IPA) pada PT MadaniFood menunjukkan bahwa PT MadaniFood memiliki keunggulan atau kekuatan yang ditunjukkan pada banyaknya peubah yang berada pada kuadran I, yang berarti pada kuadran ini memiliki tingkat kepentingan tinggi diikuti dengan performansi yang baik. Kepuasan konsumen untuk beberapa peubah memiliki kepuasan yang baik, sehingga perlu dipertahankan. Berdasarkan strategi STP, strategi yang dapat dikembangkan oleh PT MadaniFood adalah strategi positioning, dimana PT MadaniFood dapat memposisikan usahanya sebagai toko grosir yang menjual produk perikanan yang bervariatif, bermutu, dan harga kompetitif. Hasil matriks Internal Factor Evaluation (IFE) menunjukkan total skor 2,330, matriks External Factor Evaluation (EFE) menunjukkan total skor 2,500, sehingga diperoleh posisi PT MadaniFood pada matriks Internal Eksternal (IE) di sel V, sehingga strategi dikembangkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Strategi pemasaran yang dapat dikembangkan oleh PT MadaniFood dalam rangka meningkatkan daya saing di pasar ritel modern, yang mempertimbangkan faktor internal dan eksternal meliputi (1) peningkatan omzet penjualan dari sisi produk dan pemasaran; (2) mengembangkan kemitraan dengan perusahaan besar; (3) menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama dengan pemasok, ritel modern dan pemerintah; (4) meningkatkan daya saing; (5) memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana promosi dan memperluas jaringan pasar; 6) mempertahankan dan meningkatkan mutu produk yang lebih sehat dalam rangka kompetisi harga; (7) meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam hal manajemen dan pemasaran; dan (8) Mengelola rantai pasok bahan baku dan produk jadi secara efektif dan efisien.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91584
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2018mde.pdf
  Restricted Access
20.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.