Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89639
Title: Pengaruh Tingkat Stres dan Keterlibatan Ibu terhadap Kepuasan Ibu pada Layanan Pendidikan Inklusi.
Authors: Alfiasari
Setyarini, Annas Dwi
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Layanan pendidikan inklusi bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu komponen penting sebagai sistem pendukung dalam pencapaian tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tingkat stres dan keterlibatan ibu terhadap kepuasan ibu pada layanan pendidikan inklusi. Contoh pada penelitian ini adalah 30 ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusi terpilih dan bersedia menjadi responden. Hasil penelitian menunjukkan capaian skor indeks tingkat stres ibu berada pada kategori rendah, keterlibatan ibu memiliki kategori rendah, dan kepuasan ibu berada pada kategori sedang. Usia ibu dan besar keluarga memiliki hubungan positif signifikan dengan kepuasan ibu. Sementara itu, tipe disabilitas memiliki hubungan negatif signifikan dengan kepuasan ibu dan tingkat stres ibu memiliki hubungan negatif dengan keterlibatan ibu. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa usia ibu dan keterlibatan ibu berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan ibu. Sementara itu, pendidikan terakhir ibu dan pendapatan per kapita berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan ibu.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89639
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I17ads.pdf
  Restricted Access
14.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.