Pengaruh Tingkat Stres dan Keterlibatan Ibu terhadap Kepuasan Ibu pada Layanan Pendidikan Inklusi.
Abstract
Layanan pendidikan inklusi bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus menjadi
salah satu komponen penting sebagai sistem pendukung dalam pencapaian tumbuh
kembang anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh
tingkat stres dan keterlibatan ibu terhadap kepuasan ibu pada layanan pendidikan inklusi.
Contoh pada penelitian ini adalah 30 ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang
bersekolah di sekolah inklusi terpilih dan bersedia menjadi responden. Hasil penelitian
menunjukkan capaian skor indeks tingkat stres ibu berada pada kategori rendah,
keterlibatan ibu memiliki kategori rendah, dan kepuasan ibu berada pada kategori sedang.
Usia ibu dan besar keluarga memiliki hubungan positif signifikan dengan kepuasan ibu.
Sementara itu, tipe disabilitas memiliki hubungan negatif signifikan dengan kepuasan ibu
dan tingkat stres ibu memiliki hubungan negatif dengan keterlibatan ibu. Hasil uji regresi
menunjukkan bahwa usia ibu dan keterlibatan ibu berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan ibu. Sementara itu, pendidikan terakhir ibu dan pendapatan per kapita
berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan ibu.