Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89567
Title: Pemasaran Jeruk Siam (Kasus di Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat).
Authors: Asmarantaka, Ratna Winandi
Norina
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Jeruk siam merupakan komoditas unggulan Kabupaten Lima Puluh Kota di Provinsi Sumatera Barat. Harga jeruk siam yang cenderung berfluktuatif memiliki margin pemasaran yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis pemasaran jeruk siam gunuang omeh. Metode pegumpulan data melalui observasi dan wawancara serta penentuan responden petani dengan metode purposive sampling dan lembaga pemasaran dengan metode snowball sampling. Indikator efisiensi operasional pemasaran adalah margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, kuantitas penjualan setiap saluran, harga, fungsi-fungsi pemasaran, serta perilaku dari lembaga pemasaran. Hasil analisis menujukkan bahwa saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran 5 dengan lembaga pemasarannya pedagang pengecer 50 kota. Nilai margin pemasaran Rp 3 777.91, farmer’s share 79.36 persen dan rasio keuntungan terhadap biaya 1.13, serta harga jual petani paling tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89567
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17nor.pdf
  Restricted Access
22.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.