Pemasaran Jeruk Siam (Kasus di Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat).
Abstract
Jeruk siam merupakan komoditas unggulan Kabupaten Lima Puluh Kota di
Provinsi Sumatera Barat. Harga jeruk siam yang cenderung berfluktuatif memiliki
margin pemasaran yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi
dan menganalisis pemasaran jeruk siam gunuang omeh. Metode pegumpulan data
melalui observasi dan wawancara serta penentuan responden petani dengan
metode purposive sampling dan lembaga pemasaran dengan metode snowball
sampling. Indikator efisiensi operasional pemasaran adalah margin pemasaran,
farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, kuantitas penjualan setiap
saluran, harga, fungsi-fungsi pemasaran, serta perilaku dari lembaga pemasaran.
Hasil analisis menujukkan bahwa saluran pemasaran yang efisien adalah saluran
pemasaran 5 dengan lembaga pemasarannya pedagang pengecer 50 kota. Nilai
margin pemasaran Rp 3 777.91, farmer’s share 79.36 persen dan rasio
keuntungan terhadap biaya 1.13, serta harga jual petani paling tinggi.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]