Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88991
Title: Peningkatan Pertumbuhan dan Produksi Jagung Hibrida melalui Pemanfaatan Mikroba Probiotik dan Pemupukan N, P dan K.
Authors: Budiman, Candra
Surahman, Memen
Pandini, Dwi Intan
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Aplikasi pupuk anorganik yang terus menerus dalam jangka panjang dapat menurunkan kesuburan tanah. Pupuk yang diaplikasikan ke tanaman tidak semua dapat diserap oleh tanaman terutama unsur nitrogen yang mudah hilang bersama run off, menguap ke atmosfer dan unsur fosfat yang terikat oleh Al dan Ca, sehingga tidak tersedia bagi tanaman. Azotobacter dan Actinomycetes adalah mikroba penambat nitrogen dan Pseudomonas adalah mikroba pelarut fosfat yang dalam penelitian ini sebagai mikroba probiotik. Penelitian bertujuan memperoleh dosis pupuk (N, P, K), formulasi mikroba dan kombinasi terbaik antara dosis pupuk (N, P, K) dengan formulasi mikroba dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi jagung hibrida. Penelitian dilaksanakan di Balai Besar Penelitian Padi Muara, Bogor pada bulan Januari-Mei 2017. Penelitian menggunakan rancangan Split Plot dalam Rancangan Kelompok Lengkap Teracak (RKLT) dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama dosis pupuk N, P, K (0, 25%, 75% dosis rekomendasi) dengan dosis rekomendasi 300 kg ha-1 Urea, 200 kg ha-1 SP-36 dan 100 kg ha-1 KCl. Faktor kedua formulasi mikroba (pasta A, pasta B, cair A, cair B). Perlakuan dosis pupuk P2 (75% dosis rekomendasi) mampu memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan dan produksi jagung hibrida. Perlakuan mikroba belum dapat memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88991
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A17dip.pdf
  Restricted Access
15.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.