Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88669
Title: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mompreneur (Studi Kasus : Komunitas Bunda Online).
Authors: Suwarsinah, Heny K
Burhanuddin
Aina, Arifah Qurrotu
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Kemampuan bertahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia dari serangan krisis ekonomi serta kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menjadikan UMKM sebagai penggerak perekonomian negara. Data BPS menunjukkan penyerapan tenaga kerja UMKM hingga tahun 2013 mencapai 114 juta jiwa dengan pertumbuhan 6.03 persen. PDB pun mengalami peningkatan dari 57.84 persen menjadi 60.34 persen dalam lima tahun terakhir. Kontribusi sektor UMKM dalam meningkatkan PDB Indonesia tidak luput dari peran wanita baik sebagai pelaku usaha maupun sebagai pekerja. Sebagian besar pelaku usaha wanita Indonesia bergerak di tingkatan UMKM. Peran potensial wanita sebagai penggerak perekonomian melalui dunia wirausaha pun terlihat dari populasi penduduk Indonesia tahun 2016 lebih didominasi oleh kelompok umur produktif yakni antara 15-34 tahun. Ibu rumah tangga merupakan kelompok wanita di usia produktif dan berpotensi menjadi wirausaha. Ibu rumah tangga berwirausaha atau mompreneur berada diusia produktif dan menjalankan usaha dari rumah bermodalkan keterampilan dan modal yang terbatas. Para mompreneur biasanya berhubungan dengan mompreneur lainnya untuk saling mendukung dan menguatkan. Komunitas Bunda Online (KBO) merupakan salah satu komunitas ibu rumah tangga di wilayah Jabodetabek. KBO aktif mendukung anggotanya untuk mencapai keberhasilan usaha. Selain dukungan dari komunitas, mompreneur memerlukan dukungan lain agar usaha yang dijalankan berkembang. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja usaha dari seorang wirausaha yaitu sikap atau perilaku wirausaha dalam mencapai tujuannya. Faktor individu seperti pendidikan, pelatihan,pengalaman, dukungan keluarga, kebutuhan berprestasi dan motivasi berwirausaha menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku wirausaha. Faktor eksternal seperti peran komunitas, dukungan pemerintah terhadap UMKM e-commerce, tumbuhnya usaha pendukung dan tumbuhnya e-commerce menjadi faktor lain yang mempengaruhi perilaku wirausaha. Perilaku wirausaha dapat digambarkan dengan lima indikator yaitu mandiri, fleksibel, risk taker, inovatif dan percaya diri. Kinerja usaha digambarkan dengan pendapatan, daya tahan usaha dan wilayah pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor individu dan faktor eksternal, menganalisis pengaruh faktor individu dan faktor eksternal terhadap perilaku wirausaha, serta menganalisis pengaruh perilaku wirausaha terhadap kinerja mompreneur yang tergabung dalam KBO. Penelitian ini dilakukan terhadap 41 responden yang merupakan anggota KBO dengan kriteria tidak sedang bekerja, memiliki anak minimal satu orang dan memilki usaha yang sedang berjalan. Karakteristik usaha dari anggota KBO cukup bervariasi dan sebagian besar berwirausaha dengan memproduksi pakaian, makanan dan kerajinan serta menawarkan jasa yang targetnya adalah rumah tangga. Mayoritas baru memulai usaha (umur usaha 1-2 tahun) dengan omset dibawah seratus juta rupiah dan sumber modal berasal dari dana pribadi. Motivasi utama mayoritas anggota dalam menjalankan usaha adalah tambahan pendapatan dengan waktu kerja harian 2-5 jam perhari dan sebagian besar belum menggunakan bantuan tenaga kerja dalam mengelola usaha. Usaha yang dijalankan sebagian besar menggunakan media pemasaran berbasis internet dan bergabung dengan komunitas kurang lebih satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan faktor individu berpengaruh positif terhadap perilaku wirausaha. Pelatihan, dukungan suami dan keluarga, keinginan berprestasi dan motivasi berwirausaha serta kebutuhan berprestasi secara signifikan merefleksikan faktor individu, dimana kebutuhan berprestasi merupakan faktor individu dari anggota KBO yang memiliki pengaruh paling besar. Faktor eksternal secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku wirausaha. Peran komunitas, tumbuhnya usaha pendukung dan dan tumbuhnya ecommerce secara signifikan merefleksikan faktor eksternal, dimana tumbuhnya ecommerce menjadi variabel yang paling menggambarkan faktor eksternal dari anggota KBO. Perilaku wirausaha berpengaruh positif terhadap kinerja usaha yang direfleksikan oleh sikap mandiri, fleksibel, risk taker, inovatif dan percaya diri, dimana sikap fleksibel merupakan variabel yang paling menggambarkan perilaku wirausaha. Kinerja usaha direfleksikan oleh pendapatan, daya tahan usaha dan wilayah pemasaran, dimana wilayah pemasaran menjadi variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja usaha anggota KBO.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88669
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017aqa.pdf
  Restricted Access
50.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.