Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87067
Title: Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi Penggunaan Jasa Pengiriman JNE (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Kota Bogor)
Authors: Munandar, Jono M
Pertiwi, Ika
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Perkembangan bisnis e-commerce berdampak positif pada peningkatan industri logistik. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang logistik adalah PT. JNE yang merupakan perusahaan jasa kurir pengiriman paket dalam wilayah lokal maupun internasional. Adanya Kebijakan MEA memberikan tantangan bagi JNE untuk bersaing menghadapi kompetitor dari negara-negara ASEAN, sehingga JNE harus mampu mempertahankan konsumennya dengan meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan JNE. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik quota sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 13 faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan penggunaan JNE yaitu daya saing, motif dan persepsi, pekerjaan dan pelayanan, operasional, komunikasi dan pembelajaran, layanan tambahan, fasilitas layanan, demografi, gaya hidup, pengaruh lingkungan, kondisi, lingkungan fisik dan pengaruh media. Faktor paling dominan adalah daya saing dengan nilai persentase keragaman data mencapai 26,59%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87067
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16ipe.pdf
  Restricted Access
1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.