Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi Penggunaan Jasa Pengiriman JNE (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Kota Bogor)
Abstract
Perkembangan bisnis e-commerce berdampak positif pada peningkatan
industri logistik. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang logistik adalah PT.
JNE yang merupakan perusahaan jasa kurir pengiriman paket dalam wilayah lokal
maupun internasional. Adanya Kebijakan MEA memberikan tantangan bagi JNE
untuk bersaing menghadapi kompetitor dari negara-negara ASEAN, sehingga JNE
harus mampu mempertahankan konsumennya dengan meningkatkan mutu
pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis
faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan JNE.
Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik quota
sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor
dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 13
faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan penggunaan JNE yaitu daya
saing, motif dan persepsi, pekerjaan dan pelayanan, operasional, komunikasi dan
pembelajaran, layanan tambahan, fasilitas layanan, demografi, gaya hidup,
pengaruh lingkungan, kondisi, lingkungan fisik dan pengaruh media. Faktor paling
dominan adalah daya saing dengan nilai persentase keragaman data mencapai
26,59%.
Collections
- UT - Management [3354]