Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86889
Title: Hubungan antara Status Kerja Ibu dengan Konsumsi Pangan dan Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Kota Bogor
Authors: Kustiyah, Lilik
Nurdin, Naufal Muharam
Purnawati, Novia
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara status kerja ibu dengan konsumsi pangan dan status gizi anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 175 siswa dan dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2016. Contoh adalah siswa kelas lima dari SDN Polisi 1, SD Insan Kamil, MI Manbaul Islam dan MI Ianatusshibyan. Pengumpulan data karakteristik contoh dan sosial ekonomi keluarga dilakukan dengan cara pengisian kuesioner; data konsumsi pangan dikumpulkan dengan cara food recall 1x24 jam; dan status gizi ditentukan berdasarkan IMT/U, data berat dan tinggi badan ditentukan dengan pengukuran langsung. Contoh dengan status ibu bekerja ( 6% kurus, 21% gemuk) cendrung lebih banyak mengalami masalah gizi dibanding ibu tidak bekerja (6% kurus, 14% gemuk). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan positif antara status kerja ibu dengan tingkat kecukupan energi (p=0.001, r=0.251) dan karbohidrat (p=0.001, r=0.252). Terdapat hubungan signifikan negatif antara tingkat kecukupan energi (p=0.001, r=-0.255), protein (p=0.001, r=-0.240), lemak (p<0.0001, r=-0.287), dan karbohidrat (p=0.003, r=-0.220) dengan status gizi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa contoh yang ibunya bekerja lebih banyak mengalami masalah gizi daripada contoh yang ibunya tidak bekerja. Tingkat kecukupan energi dan zat gizi makro pada contoh yang ibunya tidak bekerja cenderung lebih tinggi (mendekati kecukupan) daripada contoh yang ibunya bekerja.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86889
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
I16npu.pdf
  Restricted Access
11.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.