Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86772
Title: Analisis Pengaruh Etnosentrisme dan Preferensi terhadap Sikap Konsumen dalam Pemilihan Rumah Makan di Kota Bogor
Authors: Najib, Mukhammad
Jiwo, Tali
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada awal tahun 2016, bertujuan untuk membentuk pasar tunggal dan kesatuan basis produksi. Bogor merupakan salah satu kota di wilayah Jabodetabek yang mengalami perkembangan menjadi kota tujuan wisata kuliner. Penelitian ini bertujuan menganalisis profil konsumen, menganalisis kondisi etnosentrisme, preferensi dan sikap konsumen dan menganalisis pengaruh etnosentrisme dan preferensi terhadap sikap konsumen dalam pemilihan rumah makan di kota Bogor. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis Deskriptif dan analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian profil konsumen rumah makan di Kota Bogor mayoritas adalah perempuan, berusia anatara 21-25 tahun, berstatus belum menikah, berpendidikan diploma dan sarjana, berprofesi sebagai pelajar dan mahasiswa, serta memiliki pengeluaran konsumsi antara Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000. Analisis deskriftif menunjukkan bahwa mayoritas konsumen rumah makan di Kota Bogor relatif memiliki tingkat etnosentrime, preferensi, dan sikap yang rendah. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa etnosentrisme dan preferensi, berpengaruh terhadap sikap konsumen secara positif dan signifikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86772
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16tal.pdf
  Restricted Access
13.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.