Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86737
Title: Evaluasi Kinerja Pelayanan Loket Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor
Authors: Hubeis, H. Musa
Kusumaharta, I Putu Angga
Issue Date: 2016
Abstract: Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu bukti diri (legitimasi) bagi setiap penduduk negara Indonesia. Antrian ada pada proses pembuatan KTP karena waktu pelayanan tidak sebanding dengan orang yang datang, sedangkan jumlah manusia terus bertambah setiap tahunnya. Permasalahan ini menjadi unik untuk dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses pendaftaran loket KTP, serta menghitung waktu pelayanan dan waktu baku, sehingga mampu memberikan alternatif peningkatan kinerja pelayanan. Metode yang digunakan adalah metode studi waktu dengan pengukuran jam henti, sedangkan data di analisis dan diolah menggunakan Microsoft Excell. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari pengamatan langsung terkait sistem antrian loket yang diterapkan dan data sekunder diperoleh dari berkas berkas yang diberikan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hasil dari penelitian ini menunjukan untuk memenuhi target diperlukan adanya tambahan waktu pembukaan loket antrian.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86737
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16ipa.pdf
  Restricted Access
14.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.