Evaluasi Kinerja Pelayanan Loket Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor
Abstract
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu bukti diri (legitimasi)
bagi setiap penduduk negara Indonesia. Antrian ada pada proses pembuatan KTP
karena waktu pelayanan tidak sebanding dengan orang yang datang, sedangkan
jumlah manusia terus bertambah setiap tahunnya. Permasalahan ini menjadi unik
untuk dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses pendaftaran
loket KTP, serta menghitung waktu pelayanan dan waktu baku, sehingga mampu
memberikan alternatif peningkatan kinerja pelayanan. Metode yang digunakan
adalah metode studi waktu dengan pengukuran jam henti, sedangkan data di
analisis dan diolah menggunakan Microsoft Excell. Data yang digunakan
merupakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari pengamatan
langsung terkait sistem antrian loket yang diterapkan dan data sekunder diperoleh
dari berkas berkas yang diberikan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil. Hasil dari penelitian ini menunjukan untuk memenuhi target diperlukan
adanya tambahan waktu pembukaan loket antrian.
Collections
- UT - Management [3354]