Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86545
Title: Struktur Pasar dan Daya Saing Produk Kakao Olahan Indonesia di Pasar Jerman
Authors: Novindra
Utami, Aisyah Nurlita
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Indonesia merupakan eksportir utama produk kakao olahan yaitu produk cocoa paste (HS 1803), cocoa butter (HS 1804), dan cocoa powder (HS 1805). Pangsa pasar terbesar Indonesia berada di kawasan Uni Eropa dan salah satunya adalah Jerman. Jerman merupakan salah satu negara tujuan ekspor utama Indonesia dan importir utama kakao olahan sekaligus produsen serta konsumen utama cokelat di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur pasar dan tingkat persaingan diantara eksportir utama di pasar Jerman. Selain itu, daya saing kakao olahan Indonesia dan potensi kerjasama Indonesia dengan Jerman dalam hal perdagangan kakao olahan juga dibahas dalam penelitian ini. Nilai Herfindahl Index (HI) dan Concentration Ratio (CR4) menunjukkan bahwa struktur pasar kakao olahan di Jerman cenderung oligopoli dengan tingkat persaingan antar eksportir yang ketat khususnya eksportir utama. Metode Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukkan bahwa kakao olahan Indonesia memiliki daya saing kuat di pasar Jerman (RCA>1). Selanjutnya, nilai Trade Complementarity Index (TCI) menunjukkan kesesuaian yang tinggi dalam struktur ekspor-impor kakao olahan Indonesia-Jerman sehingga ada potensi kerjasama antara Indonesia-Jerman dalam perdagangan produk kakao olahan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86545
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16anu.pdf
  Restricted Access
33.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.