Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86062
Title: Sistem Pemasaran dan Nilai Tambah Produk Olahan Stroberi di Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.
Authors: Jahroh, Siti
Ashari, Ayuri Nur
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Stroberi merupakan salah satu tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan memiliki peluang pasar cukup baik. Harga di petani lebih rendah dibandingkan di konsumen akhir menyebabkan marjin pemasaran tinggi. Selain itu, terdapat kegiatan pengolahan stroberi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lembaga dan fungsi pemasaran, saluran pemasaran, struktur pasar, perilaku pasar, menganalisis marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya; menganalisis nilai tambah dodol, sirup, dan selai dengan metode Hayami. Pengambilan data menggunakan metode random sampling untuk responden petani, snowball sampling untuk responden lembaga pemasaran dan untuk responden pengolah stroberi. Hasil penelitian sistem pemasaran menunjukkan bahwa saluran satu, sepuluh, dan dua belas relatif efisien dalam menyalurkan stroberi grade AB dan C sedangkan saluran dua relatif efisien dalam menyalurkan stroberi grade BS. Hasil penelitian nilai tambah olahan stroberi menunjukkan bahwa dodol stroberi memiliki rasio nilai tambah dan tingkat keuntungan terbesar dibanding sirup dan selai.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86062
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16ana.pdf
  Restricted Access
4.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.