Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85709
Title: | Pemodelan Persamaan Struktural Standar Nasional Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar |
Authors: | Susetyo, Budi Silvianti, Pika Rahma, Dea |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | IPB (Bogor Agricultural University) |
Abstract: | Standar Nasional Pendidikan (SNP) terdiri dari delapan kriteria minimal dalam pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), Standar Proses (SPR), Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (SPT), Standar Sarana dan Prasarana (SSP), Standar Pengelolaan (SPL), Standar Pembiayaan (SB) dan Standar Penilaian Pendidikan (SPN). Delapan SNP tersebut merupakan peubah laten yang dapat diukur oleh peubah indikatornya masing-masing menggunakan Model Persamaan Struktural (MPS). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang menggunakan delapan SNP sebagai acuan akreditasi pada jenjang sekolah dasar (SD/MI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan indikator terhadap Standar Nasional Pendidikan SD/MI dan keterkaitan antar Standar Nasional Pendidikan. Peubah indikator yang dianggap paling andal dalam mengukur peubah latennya yaitu peubah indikator pada SPR dan SB. Pengaruh antar standar yang paling tinggi diberikan oleh peubah SPN terhadap SKL yang berarti bahwa kompetensi lulusan siswa sangat dipengaruhi oleh penilaian guru terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan, pengaruh antar standar yang paling rendah yaitu SPR terhadap SSP. Artinya, standar proses dapat mempengaruhi sarana dan prasarana sekolah namun hubungannya sangat lemah. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85709 |
Appears in Collections: | UT - Statistics and Data Sciences |
Files in This Item:
File | Size | Format | |
---|---|---|---|
G16dra.pdf Restricted Access | 1.74 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.