Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84278
Title: Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Waroeng Hotplate Odon Cibanteng, Bogor, Jawa Barat
Authors: Nurmalina, Rita
Amanda, Tasya
Issue Date: 2016
Publisher: Bogor Agricutural University (IPB)
Abstract: Persaingan antar restoran semakin tinggi karena berkunjung ke restoran telah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses keputusan pembelian dan kepuasan konsumen Restoran Waroeng Hotplate Odon sehingga dapat dirumuskan rekomendasi perbaikan atribut restoran. Data diperoleh dari 143 responden dengan metode convenience sampling serta diteliti dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen adalah sebesar 72.8 persen dan atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah harga yang ditawarkan, ketersediaan area parkir, dan ketersediaan fasilitas tambahan karena tingkat kepentingannya tinggi namun kinerjanya masih kurang baik. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, restoran sebaiknya meningkatkan kinerja melalui perbaikan atribut yaitu dengan memperluas area parkir, memperbaiki kondisi fasilitas tambahan, dan mengoptimalkan porsi makanan dengan menyesuaikannya dengan harga yang ditawarkan, serta memperbaiki atribut yang nilai weighted score-nya rendah, yakni dengan melakukan promosi yang menarik dan mengubah estetika tata ruang.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84278
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H16tam.pdf
  Restricted Access
2.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.