Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Waroeng Hotplate Odon Cibanteng, Bogor, Jawa Barat
Abstract
Persaingan antar restoran semakin tinggi karena berkunjung ke restoran
telah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis proses keputusan pembelian dan kepuasan konsumen Restoran
Waroeng Hotplate Odon sehingga dapat dirumuskan rekomendasi perbaikan atribut
restoran. Data diperoleh dari 143 responden dengan metode convenience sampling
serta diteliti dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance
Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan
konsumen adalah sebesar 72.8 persen dan atribut yang menjadi prioritas utama
untuk diperbaiki adalah harga yang ditawarkan, ketersediaan area parkir, dan
ketersediaan fasilitas tambahan karena tingkat kepentingannya tinggi namun
kinerjanya masih kurang baik. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, restoran
sebaiknya meningkatkan kinerja melalui perbaikan atribut yaitu dengan
memperluas area parkir, memperbaiki kondisi fasilitas tambahan, dan
mengoptimalkan porsi makanan dengan menyesuaikannya dengan harga yang
ditawarkan, serta memperbaiki atribut yang nilai weighted score-nya rendah, yakni
dengan melakukan promosi yang menarik dan mengubah estetika tata ruang.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]