Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83651
Title: Efisiensi Pemasaran Kentang di Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.
Authors: Pambudy, Rachmat
Melani
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Kentang merupakan komoditi unggulan yangmemiliki laju pertumbuhan produksi tertinggi di Desa Cikandang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, dan menganalisis efisiensi pemasaran berdasarkan marjin pemasaran, nilai bagian petani serta rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa saluran pemasaran di Desa Cikandang terdiri atas 4 saluran pemasaran yang melibatkan petani, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, Carrefour, dan pedagang pengecer. Fungsi penyimpanan dilakukan oleh seluruh lembaga pemasaran kecuali petani dan pedagang pengumpul desa (2), fungsi pengemasan hanya tidak dilakukan oleh beberapa pedagang pengumpul desa (2) dan pedagang besar pasar Tanah Tinggi Tangerang, fungsi standarisasi hanya tidak dilakukan oleh pedagang pengumpul desa (2), sedangkan fungsi fasilitas (pembiayaan, penanggungan risiko, dan informasi pasar) dilakukan oleh seluruh lembaga pemasaran yang terlibat. Saluran pemasaran yang relatif efisien adalah saluran pemasaran 4 (petani-pedagang besar-pedagang pengecer-konsumen akhir) karena memiliki marjin pemasaran terkecil, bagian petani paling besar dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya memiliki nilai lebih dari satu serta menyebar secara merata terhadap lembaga pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83651
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17mel.pdf
  Restricted Access
23.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.