Efisiensi Pemasaran Kentang di Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.
Abstract
Kentang merupakan komoditi unggulan yangmemiliki laju pertumbuhan
produksi tertinggi di Desa Cikandang. Tujuan dari penelitian ini adalah
menganalisis saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, dan
menganalisis efisiensi pemasaran berdasarkan marjin pemasaran, nilai bagian
petani serta rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa
saluran pemasaran di Desa Cikandang terdiri atas 4 saluran pemasaran yang
melibatkan petani, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, Carrefour, dan
pedagang pengecer. Fungsi penyimpanan dilakukan oleh seluruh lembaga
pemasaran kecuali petani dan pedagang pengumpul desa (2), fungsi pengemasan
hanya tidak dilakukan oleh beberapa pedagang pengumpul desa (2) dan pedagang
besar pasar Tanah Tinggi Tangerang, fungsi standarisasi hanya tidak dilakukan
oleh pedagang pengumpul desa (2), sedangkan fungsi fasilitas (pembiayaan,
penanggungan risiko, dan informasi pasar) dilakukan oleh seluruh lembaga
pemasaran yang terlibat. Saluran pemasaran yang relatif efisien adalah saluran
pemasaran 4 (petani-pedagang besar-pedagang pengecer-konsumen akhir) karena
memiliki marjin pemasaran terkecil, bagian petani paling besar dan nilai rasio
keuntungan terhadap biaya memiliki nilai lebih dari satu serta menyebar secara
merata terhadap lembaga pemasaran.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]