Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83322
Title: Strategi Inovasi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Keripik Pisang Kota Bandar Lampung
Authors: Maarif, Mohamad Syamsul
Sunarti, Titi Candra
Dewi, Hartami
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Inovasi dibutuhkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah untuk tumbuh dan bertahan di tengah persaingan usaha yang semakin kompetitif. Namun demikian, inovasi harus disesuaikan dengan kendala yang ada mengingat keterbatasan jumlah tenaga kerja, jumlah aset, jumlah pendapatan, dan jumlah anggaran untuk melakukan inovasi. Bentuk dari inovasi yang dapat dilakukan suatu usaha dalam upaya meningkatkan daya saingnya antara lain, inovasi model bisnis, pemasaran, organisasi, proses dan teknologi, produk, pelayanan, serta rantai pasok. Sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam peningkatan kinerja dan inovasi usaha mikro, kecil, dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi inovasi yang sesuai dengan kendala, kemampuan sumber daya manusia dan peluang inovasi dalam upaya peningkatan daya saing. Metode analisis yang digunakan yaitu evaluasi model structural equation modeling dengan pendekatan partial least square dan analytical hierarchy process. Hasil analisis menunjukkan sumber daya manusia berpengaruh sebesar 0.761 terhadap penyelesaian kendala dan berpengaruh sebesar 0.806 terhadap keberhasilan pelaksanaan inovasi. Kendala utama yang harus diselesaikan adalah pada sumber daya manusia (0.820), promosi (0.807), manajerial keuangan dan administrasi (0.790), lokasi (0.761), serta pemasaran (0.753). Inovasi yang paling mempengaruhi keputusan pembelian dan sesuai pada kemampuan UMKM saat ini adalah inovasi pelayanan (0.830), organisasi (0.822), model bisnis (0.786), rantai pasok (0.768), dan pemasaran (0.755). Sementara untuk pemrioritasan faktor yang mempengaruhi kemampuan sumber daya manusia yaitu, kemampuan akses informasi dan internet (0.821), pelatihan (0.764), pendidikan (0.756), besaran gaji (0.663), dan pengalaman (0.361). Formula strategi inovasi yang diperoleh adalah fokus pada inovasi pemasaran dengan mendorong pelaku usaha untuk aktif ikut serta dalam kegiatan pameran dan seminar sebagai analisis formulasi strategi yang memberikan dampak signifikan terhadap omset dan memungkinkan secara teknis untuk dilakukan dalam upaya peningkatan daya saing usaha. Selain itu strategi lain yang menunjang peningkatan daya saing adalah bimbingan teknis sesuai kebutuhan, serta diklat promosi dan pemasaran online.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83322
Appears in Collections:MT - Agriculture Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017hde.pdf
  Restricted Access
49.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.