Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83014
Title: Analisis Pemasaran Ubi Jalar (Studi Kasus: Kelompok Tani Hurip, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor)
Authors: Hadianto, Adi
Raswatie, Fitria Dewi
Silalahi, Yosia Bsms
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Ubi jalar adalah salah satu komoditas pertanian terpenting di Indonesia. Sektor pertanian salah satu kunci dalam pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, dan juga sebagai kunci dalam pemantapan ketahanan pangan nasional. Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor merupakan sentra produksi ubi jalar di Jawa Barat. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi saluran pemasaran yang terjadi dan menganalisis saluran pemasaran yang efisien, dengan menggunakan analisis marjin pemasaran, farmer’s share, dan analisis keuntungan resiko terhadap biaya pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah purposive sampling untuk petani dan metode snowball untuk lemabaga pemasaran yang terlibat. Lembaga pemasaran yang terlibat adalah kelompok tani, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Hasil dari analisis, didapatkan saluran pemasaran 5 adalah saluran yang paling efisien bagi petani produsen dengan nilai marjin pemasaran terkecil sebesar Rp 800,00, farmer’s share terbesar sebesar 73,33 persen dan total biaya pemasaran terkecil sebesar Rp 320,00. Dengan mengetahui saluran pemasaran yang efisien dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Saran pada penelitian ini adalah petani produsen diharapkan mampu melakukan kegiatan usahataninya dengan lebih baik, mencari informasi harga di tingkat konsumen agar posisi tawar menawar lebih kuat. Pedagang pengecer perlu memberikan kepastian harga sehingga konsumen dan petani mengetahui harga yang pasti dan tidak terjadi tawar menawar harga ubi jalar. Lembaga pemasaran dapat memperluas pasar dengan membuat outlet dan bekerjasama dengan lembaga pemasaran yang menjual produk olahan ubi jalar. Saran penelitian selanjutnya adalah meningkatkan nilai tambah ubi dan meningkatkan total penjualan pada saluran 5 (saluran pemasaran yang efisien bagi petani).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83014
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H15ybs.pdf
  Restricted Access
1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.