Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79216
Title: Eksplorasi Proses Model Internasionalisasi Produk Yang Berasal Dari Indonesia – Studi Kasus: Ikm Keripik Buah
Authors: Hardjomidjojo, Hartrisari
Sunarti, Titi Chandra
Aprilyanto, Dickie Sulistya
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Tujuan jangka menengah dari industri nasional adalah industri harus mampu memperkuat daya saing di pasar dalam negeri dan meningkatkan nilai ekspornya. Terlebih Globalisasi sebagai fenomena yang tidak terelakkan akan mendorong arus perdagangan bebas. Ini adalah suatu kondisi dimana hambatan-hambatan perdagangan antar Negara, seperti arus barang; jasa; investasi dan lainnya menjadi berkurang. Didorong oleh dua factor tersebut, hal ini menjadi peluang yang harus dimanfaatkan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk memasuki pasar international. Namun, IKM di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala untuk terlibat dalam pasar internasional. Meskipun memiliki jumlah IKM yang besar, total kontribusi terhadap ekspor nasional tidak lebih 20%. Berdasarkan penelitian terdahulu menjelaskan bahwa IKM di Indonesia masih fokus terhadap pasar domestik. Sebagian besar IKM menghadapi kendala dalam hal penguasaan teknologi, tenaga kerja yang handal, akses terhadap pasar internasional dan kekurangan modal kerja. Thus, dengan mempelajari proses internasionalisasi yang telah dilakukan oleh IKM yang berhasil memasuki pasar internasional diharapkan mampu memberikan ilustrasi kepada IKM lainnya untuk mengikuti langkah-langkah yang harus diambil. Studi kasus dipilih sebagai strategi dalam melakukan riset ini. Menggunakan purposive sampling, data dikumpulkan melalui interviu dengan dua pemilik IKM keripik pisang yaitu Mekarsari dan Burnosari. Model Uppsala dipilih sebagai basis dari penyusunan pertanyaan interviu dikarenakan kepopuleran dan kekinian teori proses internasionalisasi. Riset ini menunjukkan pentingnya program asistensi promosi dari Pemerintah, terutama asistensi bagi IKM untuk mengikuti pameran di luar negeri agar dapat mengakses informasi tentang pasar dan menemukan peluang-peluang bisnis yang ada. Selanjutnya, riset ini juga menunjukkan pentingnya social capital, keunggulan spesifik perusahaan dan strategi bisnis sebagai kunci sukses dalam bisnis internasional. IKM juga dapat memanfaatkan jasa agen eksportir untuk sebagai jalan untuk memasarkan produknya ke luar negeri.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79216
Appears in Collections:MT - Agriculture Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
2015dsa1.pdf
  Restricted Access
14.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.