Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73534
Title: Leafresh (vegetables: all fresh!) sayur kemasan cepat saji, praktis, aman, dan bergizi untuk meningkatkan konsumsi sayur keluarga
Authors: Simanjuntak, Megawati
Karamallah, Muhammad Habibi
Alkautsar, Teuku Muhammad
Dewi, Hayu Ning
Rizqi, Moch. Miftachur
Nurrohmani, Yunita
Issue Date: 2014
Publisher: Bogor Agricultural University
Abstract: Sebanyak 27 persen dari jumlah masyarakat Indonesia tidak menyajikan sayur dalam makanan mereka. Rendahnya konsumsi sayuran dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan. Minimnya waktu yang dimiliki para ibu dan wanita karir dalam mempersiapkan dan mengolah makanan untuk keluarga mereka adalah salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, Perusahaan Agriaria membuat produk dengan nama LEAFRESH (Vegetables: All Fresh!). LEAFRESH merupakan sayuran yang telah dikemas serta dimodifikasi menjadi sayuran cepat saji melalui tahapan pembersihan sayuran, pencucian, pemotongan, pengeringan, dan penyediaan bumbu serta telah dilengkapi dengan cara pembuatan dan kandungan gizi dari sayuran. Berdasarkan hasil perhitungan kelayakan usaha, nilai R/C usaha ini sebesar 1.56 sehingga usaha ini layak untuk dijalankan. Produksi LEAFRESH bekerja sama dengan kelompok tani di wilayah Cihideung Ilir serta dibantu oleh dua orang karyawan. Varian yang ditawarkan oleh produk LEAFRESH yaitu olahan sayur sop, sayur capcay, dan sayur asem serta sayur organik yang terdiri dari tumis kangkung dan sayur bening bayam. LEAFRESH tersedia dalam dua bentuk paket kemasan, yaitu kemasan mini (100 gram) dan kemasan jumbo (400 gram). Teknik pemasaran yang diterapkan usaha ini adalah konsinyasi, direct selling, dan pengadaan agen (reseller). Sistem konsinyasi telah dilakukan di beberapa toko di wilayah Bogor. Selain itu, setiap minggu dilakukan direct selling dengan sepeda motor coolbox di wilayah perumahan di Bogor. Pengadaan agen telah dilakukan di wilayah Depok, Tangerang, Bekasi, dan Jakarta. Promosi dilakukan melalui media cetak, media elektronik, dan ikut serta dalam berbagai kompetisi bisnis. LEAFRESH telah diproduksi sebanyak sembilan kali dan menghasilkan produk sebanyak 416 paket dengan perolehan omzet sebesar Rp2 791 000.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73534
Appears in Collections:PKM - Kewirausahaan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_I34100034_.pdfFull text1.23 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.