Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73503
Title: U-bag (umbrella bag): tas kreatif dengan payung siaga sebagai solusi unik untuk tetap beraktivitas ketika hujan
Authors: A, Muhammad Findi
Widodo, Selamet
Feriansyah
Novita, Aulia
Nugroho, Faris Ady
Hidayat, Andi
Issue Date: 2014
Publisher: Bogor Agricultural University
Abstract: Indonesia merupakan negara beriklim tropis, sehingga hujan merupakan kondisi alam yang pasti dialami oleh setiap individu di setiap daerah. Khususnya di beberapa kota dengan curah hujan yang sangat besar. Kondisi pada saat musim penghujan menjadi kendala dalam menjalankan berbagai aktivitas di lapangan. Bukan hanya itu saja adanya perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini menjadi salah salah satu hambatan dalam setiap aktivitas. Hal ini merupakan masalah yang dihadapi sehingga perlu sebuah alat bantu yang efisien dan bernilai guna tinggi sesuai dengan era modernisasi saat ini, dimana manusia selalu menginginkan segala hal yang praktis sekaligus unik dalam penggunaanya. U-BAG merupakan produk yang menjawab segala permasalahan diatas. Tas punggung yang dilengkapi dengan payung siaga ini menjadi salah satu alat yang praktis, inovatif dan memberikan solusi yang begitu unik. Sehingga pengguna tidak perlu mememegang payung dengan tangan, karena fungsi tersebut telah digantikan oleh tas punggung U-BAG. Tujuan dari program ini adalah memenuhi kebutuhan konsumen akan produk tas unik yang memiliki nilai guna tinggi membantu dalam ketersediaan alat bantu yang fleksibel terhadap kondisi cuaca. Bukan hanya itu saja, dari sisi sosial tas ini berguna untuk sebagai alat bantu individu-individu penyandang disabilitas tangan untuk tetap beraktivitas ketika hujan. Selain itu melalui program ini diharapkan dapat mengembangkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan mahasiswa. Target dari program ini adalah mengembangkan keterampilan berwirausaha sekaligus menjadi usaha yang menghasilkan pendapatan bagi mahasiswa, menciptakan inovasi yang memiliki daya guna yang tinggi bagi konsumen, dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat dalam produksi, pemasaran, dan penjualan. Program ini dilaksanakan selama empat bulan dengan lokasi produksi pada mitra usaha ‘Wahyu Collection’ dan lokasi pusat penjualan produk bertempat di Pusat Penjualan Tas Tajur dan Pusat UKM Tas Ciampea, Bogor. Perencanaan produksi terbagi atas; survei bahan baku, pengadaan alat dan bahan baku, pemilihan bahan baku, kemudian terakhir tahap pembuatan tas. Kami menggunakan strategi STP dalam pemasaran dimana segmentation kami bagi menjadi tas khusus anak dan tas khusus dewasa, targetting yang menjadi target utama adalah pelajar dan sekundernya yaitu pekerja kantoran, positining menempatkan konsumen agar melihat produk penjualan ini sebagai produk penunjang aktivitas sehari-hari yang inovatif dan handal. Evaluasi perkembangan usaha dilakukan setiap minggu dengan mengawasi dan mengevaluasi pada tiap tahap proses produksi, pemasaran, penjualan, dan pelayanan konsumen, agar usaha mampu bersaing dan berkembang dalam peningkatan inovasi, perluasan pasar, peningkatan penjualan, kepuasan konsumen, dan keuntungan. Setelah melalui berbagai tahapan proses produksi dan penekanan harga akhirnya tercipta produk tas berpayung U-Bag yang sesuai. Pemasaran pun dilakukan melalui promosi pada pameran PKM, demo cara memakai U-Bag, kuisioner berupa kritik saran, kartu nama, dan media online untuk penjualan. Hasilnya sejauh ini Tim PKM berhasil mendapat omzet sebesar Rp 2.000.000,00 dengan menjual sepuluh unit U-Bag.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73503
Appears in Collections:PKM - Kewirausahaan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_H14110008_.pdfFull text1.15 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.