Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73190
Title: Buncis organik siap olah sebagai salah satu alternatif sayuran sehat dan bergizi tinggi “fresh, healty and free pestiside”
Authors: Muflikh, Yanti Nuraeni
Luthfi, Abdul
Rahman, Ahmad Zaki
Ibrahim, Bachtiyar Arif
Hidayat, Muhammad Taufiq
Dewi, Ravitia
Issue Date: 2013
Publisher: Bogor Agricultural University
Abstract: Buncis sebagai salah satu sayuran komersial memiliki permintaan yang tinggi di masyarakat. Buncis merupakan sayuran yang kaya manfaat dan digemari masyarakat sebagai menu sayuran utama. Namun demikian tingginnya permintaan di komoditas ini ternyata belum terlalu dioptimalkan potensinya. Sehingga kesejahteraan produsen buncis belum terlalu baik. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya peningkatan nilai tambah pada produk buncis. Peningkatan nilai tambah ini bisa dalam bentuk teknologi produksi yang lebih efisien, packaging, inovasi marketing, dan upaya pembuatan produk olahan. Pada budidaya buncis ini buncis ini menggunakan berbagai teknologi tepat guna seperti teknologi pupuk cair organik, teknologi urin kelinci, teknologi mulsa dan pengendalian OPT terpadu. Pengelolaan pemasaran dilakukan secara terintegrasi dengan 3 pasar tujuan yaitu pasar grosir, pasar eceran, dan pasar rumah makan. Integrasi yang dilakukan tidak hanya dengan pasar seperti pedagang namun juga kapada petani buncis sekitar dan penyedia input seperti peternak kelinci. Target pasar yang dibidik adalah komunitas, berbagai rumah makan, pedagang grosir dan end user. Dari keseluruhan pelaksanaan kegiatan mengalami trend perkembangan yang positif. Bisnis ini berlokasi di komplek Laladon Indah dengan luas lahan awal 1000 m2. Sampai saat ini bisnis ini telah memiliki 1 tenaga kerja tetap sebagai buruh tani dan beberapa tenaga kerja upah. Meningkatnya produksi, peningkatan jumlah pemasaran produk, bertambahnya jaringan pemasaran dan mitra produksi menunjukkan indikator keberhasilan program ini. Rencana kedepan bisnis ini akan dikembangkan ke arah go green dengan target jangka menegah adalah menembus pasar ritel dan restaurant dan target jangka panjang memiliki pabrik dan memenuhi kebutuhan ekspor. Kegiatan yang dilakukan akan memperoleh hasil maksimal, tentunya dibutuhkan peran serta dari seluruh komponen mulai dari Pelaku usaha, tenaga kerja, masyarakat, pihak akademisi, bantuan pemerintah, dan stakeholder yang lainnya untuk bersungguh-sungguh dalam mendorong pengembangan common bean farm secara berkelanjutan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73190
Appears in Collections:PKM - Kewirausahaan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
laporanAkhir_H34090139_.pdfFull text996.23 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.