Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/65253
Title: Strategi Kampanye Pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu.
Strategi Kampanye Pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu
Authors: Kartodihardjo, Haryadi
Soehartono, Tonny R.
Santoso, Budi
Keywords: Kampanye
Strategi
Taman Nasional Gunung Merbabu
Issue Date: 2013
Abstract: Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) yang ditunjuk sebagai taman nasional pada 2004. Proses penunjukkannya mengalami penolakan oleh masyarakat. Prastudi yang dilakukan menunjukkan terbentuknya kolektif perasaan tidak aman tentang keberlanjutan kehidupan masyarakat, perasaan tertekan kurang dihargai karena tidak diajak bicara dalam proses perencanaan pembentukan taman nasional. Hal tersebut dapat menimbulkan kurangnya dukungan pada pengelolaan kawasan konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kampanye pengelolaan TNGMb selama 5 tahun terakhir terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat sekitar TNGMb serta preferensi masyarakat terhadap sumber informasi yang penting bagi penentuan kebijakan dan strategi kampanye pengelolaan TNGMb. Data pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat serta preferensi masyarakat terhadap sumber informasi dikumpulkan melalui survey secara purposive pada 2 kelompok masyarakat di 28 desa penyangga TNGMb. Kelompok I (96 responden) merupakan kelompok masyarakat yang telah mengikuti berbagai kegiatan kampanye TNGMb dan kelompok II (99 responden) merupakan masyarakat yang belum/tidak mengikuti kegiatan kampanye TNGMb. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan pengetahuan dan sikap responden terhadap TNGMb pada responden kelompok I. Proses sosial menyebabkan sebagian responden kelompok II meningkat pengetahuan serta sikapnya terhadap TNGMb meski pada sikap masih terdapat sebagian kecil responden yang masih kurang peduli dengan adanya peraturan hukum yang berlaku, tidak nyaman dengan danya TNGMb, tidak setuju pembatasan akses masuk ke TNGMb dan menganggap TNGMb tidak bermanfaat serta ada sebagian besar responden kelompok I dan seluruh responden kelompok II belum melakukan apapun untuk konservasi TNGMb. Preferensi responden terhadap media dan sumber informasi menunjukkan bahwa sebagian besar responden menggunakan TV sebagai sarana hiburan dan informasi, menyukai musik dangdut dan pertunjukkan dangdut, mempercayai bayan, polhut dan teman/keluarga sebagai sumber informasi penting dan menyarankan cangkruk dalam proses kampanye. Proses sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan menjadi modal sosial dalam kegiatan kampanye TNGMb selain pemanfaatan preferensi masyarakat terhadap media dan sumber informasi. Pendekatan budaya jawa sangat disarankan untuk mengoptimalkan hasil kampanye di TNGMb.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/65253
Appears in Collections:MT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2013bsa.pdf
  Restricted Access
Fulltex1.65 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I383.55 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II427.47 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III532.44 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Keadaan Umum Lokasi Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV863.34 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB V620.5 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VI368.75 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover395.61 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka514.05 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran691.17 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan452.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.