Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62562
Title: Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Gurih 7 Bogor
Authors: Munandar, Jono M.
Setyawati, Fifi
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Ciri khas yang berbeda dengan yang lain dapat dijadikan cara untuk memikat hati pelanggan. Hal ini dilakukan oleh salah satu restoran yang ada di Kota Bogor, dengan mengusung nuansa khas sunda yang dilakukan Restoran Gurih 7 membuat restoran ini memiliki ciri khas dengan memberikan pengalaman emosional kepada pelanggan. Setelah melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik responden yang melakukan pembelian di Restoran Gurih 7, (2) Menganalisis faktor-faktor yang terbentuk berdasarkan variabel-variabel Experiential marketing Restoran Gurih 7, (3) Menganalisis pengaruh Experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan Restoran Gurih 7. Tipe data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari hasil kuesioner dan wawancara dengan manajer operasional Restoran Gurih 7. Responden kuesioner ini adalah pelanggan Restoran Gurih 7. Data sekunder berasal dari bermacam-macam buku dan literatur, internet, dan media cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor, regresi linear berganda, uji F, and uji t, dan data diproses menggunakan SPSS 15.00 untuk Windows. Hasil penelitian memperlihatkan karekteristik responden yang melakukan pembelian di Restoran Gurih 7 Kota Bogor adalah mayoritas berjenis kelamin laki-laki. Mayoritas usia responden 36 tahun hingga 45 tahun, pendapatan responden dominan sebesar Rp. 1.000.001 hingga Rp 3.000.000. Pengeluaran konsumsi responden per bulan diatas Rp. 900.001, berdasarkan klasifikasi pekerjaan saat ini mayoritas adalah employee (pegawai). Status pekerjaan responden adalah karyawan swasta, dengan klasifikasi profesi dominan yaitu pengusaha/wirausaha dan tingkat pendidikan terbanyak adalah sarjana (S1). Terbentuk lima faktor yang dinamakan faktor experience (perasaan santai, perasaan nyaman, aksi, dan hubungan), faktor komunikasi (indera pengecap, komunikasi, identitas, produk, dan orang), faktor situasional (co-branding, dan website), faktor persepsi (pikiran dan lingkungan), dan faktor pendengaran (indera pendengaran). Peubah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan advocate Restoran Gurih 7 adalah indera pengecap. Variabel produk memiliki pengaruh paling dominan berhubungan positif terhadap loyalitas pelanggan repeat Restoran Gurih 7 Bogor.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62562
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10fse.pdf
  Restricted Access
full text2.17 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I287.83 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II369.94 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metodologi Penelitan.pdf
  Restricted Access
BAB III336.27 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.75 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V279.03 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover275.46 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka276.74 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran509.22 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan278.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.