Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Gurih 7 Bogor
Abstract
Ciri khas yang berbeda dengan yang lain dapat dijadikan cara untuk memikat hati pelanggan. Hal ini dilakukan oleh salah satu restoran yang ada di Kota Bogor, dengan mengusung nuansa khas sunda yang dilakukan Restoran Gurih 7 membuat restoran ini memiliki ciri khas dengan memberikan pengalaman emosional kepada pelanggan. Setelah melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik responden yang melakukan pembelian di Restoran Gurih 7, (2) Menganalisis faktor-faktor yang terbentuk berdasarkan variabel-variabel Experiential marketing Restoran Gurih 7, (3) Menganalisis pengaruh Experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan Restoran Gurih 7. Tipe data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari hasil kuesioner dan wawancara dengan manajer operasional Restoran Gurih 7. Responden kuesioner ini adalah pelanggan Restoran Gurih 7. Data sekunder berasal dari bermacam-macam buku dan literatur, internet, dan media cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor, regresi linear berganda, uji F, and uji t, dan data diproses menggunakan SPSS 15.00 untuk Windows. Hasil penelitian memperlihatkan karekteristik responden yang melakukan pembelian di Restoran Gurih 7 Kota Bogor adalah mayoritas berjenis kelamin laki-laki. Mayoritas usia responden 36 tahun hingga 45 tahun, pendapatan responden dominan sebesar Rp. 1.000.001 hingga Rp 3.000.000. Pengeluaran konsumsi responden per bulan diatas Rp. 900.001, berdasarkan klasifikasi pekerjaan saat ini mayoritas adalah employee (pegawai). Status pekerjaan responden adalah karyawan swasta, dengan klasifikasi profesi dominan yaitu pengusaha/wirausaha dan tingkat pendidikan terbanyak adalah sarjana (S1). Terbentuk lima faktor yang dinamakan faktor experience (perasaan santai, perasaan nyaman, aksi, dan hubungan), faktor komunikasi (indera pengecap, komunikasi, identitas, produk, dan orang), faktor situasional (co-branding, dan website), faktor persepsi (pikiran dan lingkungan), dan faktor pendengaran (indera pendengaran). Peubah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan advocate Restoran Gurih 7 adalah indera pengecap. Variabel produk memiliki pengaruh paling dominan berhubungan positif terhadap loyalitas pelanggan repeat Restoran Gurih 7 Bogor.
Collections
- UT - Management [3444]