Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60844
Title: Analisis Faktor Pengendalian Mutu Pelayanan pada Jasa Travel Antar kota Aya Travel Depok
Authors: Hubeis,Musa
Kristian, David
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Aya Travel sebagai perusahaan jasa travel Bandung-Depok terbesar kedua di Kota Depok dilihat perlu untuk membenahi sistem pelayanannya. Aya Travel harus mulai memfokuskan kegiatan pemasaran kepada pelanggan dan menerapkan dimension of service quality secara utuh guna mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan untuk menciptakan kepuasan pelanggan, yang pada akhirnya dapat mewujudkan loyalitas pelanggan. Dengan adanya perbaikan kinerja pelayanan yang diberikan Aya Travel, maka konsep pemasaran yang berorientasi kepada pelanggan, pelayanan terbaik yang lebih dekat dan bersahabat dengan konsumen, akan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisi Aya Travel sebagai travel yang memiliki nama di Kota Depok. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengendalian mutu yang telah dilakukan oleh CV. Aya Travel, (2) mengidentifikasi atribut-atribut mutu pelayanan yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen Aya Travel, (3) menganalisis tingkat kepuasan konsumen Aya Travel, dan (4) merumuskan strategi peningkatan mutu pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen Aya Travel. Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsung dan penggunaan kuesioner kepada konsumen Aya Travel. Data sekunder diperoleh dari studi literatur, data perusahaan dan publikasi elektronik. Penentuan jumlah contoh dari populasi dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan metode Slovin. Dalam penelitian ini DIgunakan alat analisis faktor, Importance Performance Analysis (IPA), Customers Satisfaction Index (CSI) dan diagram Pareto untuk mengukur atribut pengendalian mutu pada Aya Travel yang diolah dengan menggunakan bantuan software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 17.0, serta Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat atribut yang terpenting menurut analisis faktor adalah penampilan karyawan yang rapi, bersih dan menarik, sementara atribut pelayanan yang terpenting menurut analisis IPA (kuadran I) adalah kemampuan karyawan membantu keluhan konsumen/pelanggan, kecepatan penanganan atas keluhan, memberikan umpan balik terhadap keluhan konsumen/pelanggan, serta pengetahuan dan kecakapan karyawan dalam memberikan informasi. Berdasarkan hasil analisis diagram Pareto, maka atribut pelayanan yang perlu diperbaiki ialah menambah jam keberangkatan, karena sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan kumulatif konsumen. Menurut hasil analisis CSI, tingkat kepuasan konsumen Aya Travel berada pada jenjang puas.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60844
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.pdf
  Restricted Access
Abstrak358.74 kBAdobe PDFView/Open
bab 1 PENDAHULUAN.pdf
  Restricted Access
BAB I430.11 kBAdobe PDFView/Open
bab 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
BAB II623.01 kBAdobe PDFView/Open
bab 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB III667.04 kBAdobe PDFView/Open
bab 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.11 MBAdobe PDFView/Open
bab 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
  Restricted Access
BAB V1.84 MBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover296.05 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka285.09 kBAdobe PDFView/Open
H12dkr.pdf
  Restricted Access
full text3.71 MBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.