Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60843
Title: Proses Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen serta Alternatif Bauran Pemasaran terhadap Tahu Djadi Sari di Kota Bogor Jawa Barat.
Authors: Winandi,Ratna
Manurung, Dedy Iskandar
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Dalam kehidupan manusia sangat penting untuk mengonsumsi protein yang berasal dari hewani maupun nabati. Salah satu yang berpotensi untuk memberikan protein tersebut adalah kedelai. Kedelai mengandung serat yang berguna untuk meredakan gangguan usus dan meningkatkan metabolisme lemak. Kedelai juga mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi, hampir menyamai protein susu skim kering. Wilayah Jawa Barat memiliki produktivitas kedelai yang tinggi karena jumlah produktivitasnya lebih tinggi dari produktivitas nasional setiap tahunnya mulai dari tahun 2007 sampai tahun 2011. Berdasarkan data konsumsi (BPS Pusat tahun 2008-2011) bahwa rata-rata konsumsi perkapita kacang kedelai mencapai 0,001 Kg per minggu. Dengan adanya produk turunan kedelai membuat konsumsi masyarakat terhadap kedelai meningkat. Dari beberapa produk turunan kedelai, jumlah rata-rata konsumsi per kapita per minggu tahu nasional mencapai jumlah tertinggi setiap tahunnya. Tahu adalah jenis produk yang cepat basi, sehingga sekarang banyak produsen yang menggunakan pengawet dan bahan berbahaya lainnya seperti formalin dan boraks sehingga tahu bertahan lebih lama. Namun, penggunaan bahan tersebut akan merusak kesehatan. Berbagai produsen tahu berusaha menjual tahu dengan berbagai kelebihan, tahu Djadi Sari yang didirikan pada bulan Februari 2011 memiliki kualitas yang hampir sama dengan tahu Yun Yi dan Sutra. Dilihat dari harga, tahu Djadi Sari menawarkan harga sebesar Rp 450,- sampai Rp 1. 300,- per potong tahu. Hal ini membuat tahu Djadi Sari dapat menjangkau pasar sampai sekitar Jawa Barat dan Jakarta. Perusahaan Djadi Sari dapat menjual tahu cetak dan tahu PK dengan rata-rata penjualan tahu berkisar 2.719 tahu untuk tahu PK dan tahu cetak 2.375 tahu per hari.Perusahaan menetapkan retur (tahu yang tidak terjual) sebesar 10%. Tetapi, tahu Cetak yang tidak terjual 15,21% dan tahu PK yang tidak terjual sebesar 16,27%. Tenaga kerja di bidang pemasarannya juga belum terkoordinasi dengan baik, promosi yang dilakukan masih dari mulut ke mulut dan menggunakan brosur. Sehingga masih banyak konsumen yang belum mengetahui keberadaan tahu Djadi Sari ini. Penelitian ini dilaksanankan di perusahaan tahu Djadi Sari Kayumanis, Bogor Jawa Barat. Pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga bulan Mei. Responden yang digunakan adalah konsumen Tahu Djadi Sari. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk proses keputusan pembelian konsumen, serta kepuasan konsumen menggunakan analisis Importance Performance Analysis(IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Mayoritas konsumen tahu berusia lebih dari 50 tahun. Tahu Djadi Sari memiliki harga cukup mahal bila dibandingkan dengan tahu yang lain namun konsumen tetap mengonsumsi tahu Djadi Sari. Hal ini dikarenakan pendidikan konsumen yaitu mayoitas sarjana dan diploma yang sangat berpengaruh besar 3 terhadap pembeliannya. Berdasarkan pendapatan rumah tangga, konsumen tahu Djadi Sari paling banyak adalah konsumen dengan pendapatan > Rp 4.500.000,00. Pendapatan konsumen ini juga dapat dikaitkan dengan pekerjaan konsumen yang pada umumnya adalah pegawai swata.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60843
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I PENDAHULUAN.pdf
  Restricted Access
BAB I561.61 kBAdobe PDFView/Open
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
BAB II497.85 kBAdobe PDFView/Open
BAB III KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
  Restricted Access
BAB III506.1 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB IV718.52 kBAdobe PDFView/Open
BAB V KEADAAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB V454 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
  Restricted Access
BAB VI659.13 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
  Restricted Access
BAB VII362.13 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover365.6 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka364.42 kBAdobe PDFView/Open
H12dim.pdf
  Restricted Access
full text1.57 MBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran548.11 kBAdobe PDFView/Open
RINGKASAN.pdf
  Restricted Access
Ringkasan364.99 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.