Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60821
Title: Analisis Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Kehalalan Produk Es Krim Magnum
Authors: Dewi, Febriantina
Kesuma, Ariyati
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Makanan dan minuman siap saji memiliki prospek pasar yang semakin luas karena adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang diiringi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Konsumen dengan perkembangan zaman yang semakin pesat harus lebih selektif untuk memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, konsumen harus mengetahui kandungan apa yang terdapat dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi. Salah satu bisnis dibidang makanan ringan yang mempunyai potensi untuk terus berkembang adalah industri es krim. Potensi perkembangan industri es krim ini dapat dilihat dengan tingkat konsumsi konsumen terhadap produk es krim. Rata-rata setiap orang di Indonesia mengkonsumsi 0,2 liter es krim per tahun, sekitar 250 mililiter per orang per tahunnya. Pada Maret 2011 beredar informasi di Indonesia mengenai ingredient makanan dalam bentuk kode-E yang beredar di media elektronik seperti melalui sarana Short Message Service (SMS), Blackberry Messager dan melalui internet seperti facebook. Beberapa orang mengindikasikan bahwa deretan kode-E tersebut bersumber dari babi. Isu tentang kode-E pada salah satu produk yang telah bersertifikat halal telah meresahkan masyarakat yang mengkonsumsi produk tersebut. Kode-E atau E-number menurut UK Food Standard Agency adalah kode untuk bahan tambahan atau aditif makanan yang telah dikaji oleh Uni Eropa. Salah satu produk yang telah bersertifikat halal namun diklaim mengandung lemak babi adalah es krim Magnum. Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah yang telah diuraikan diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis persepsi konsumen terhadap produk Es krim Magnum setelah adanya isu lemak babi. 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk Es krim Magnum setelah adanya isu lemak babi. 3) Menganalisis sikap konsumen terhadap produk Es krim Magnum dan es krim Campina Bazooka setelah adanya isu lemak babi. Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor, pada bulan April hingga Mei 2012. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Convinience Sampling. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan tabulasi deskriptif. Analisis skala likert, dan regresi logistik. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang. Sebagian besar merupakan perempuan, berusia 19 -24 tahun, sebagian yaitu sebesar 62 responden dan memiliki pengeluaran sebesar Rp. 1.000.001 – Rp. 2.500.000 per bulan. Pada perilaku konsumsi/pembelian terhadap produk Magnum sebagian besar responden melakukan pembelian secara mendadak. Dalam hal frekuensi mengkonsumsi produk Magnum perbulannya sebagian besar responden adalah kurang dari 1 kali perbulan dan memilih responden memilih jenis produk Magnum Classic serta melakukan pembelian produk Magnum di Supermarket. Alasan utama mengkonsumsi produk Magnum adalah produk Magnum sebagai memiliki rasa yang berkualitas, sumber informasi mengenai iv produk Magnum dari iklan media elektronik, dan responden menyatakan puas terhadap produk Magnum.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60821
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I. PENDAHULUAN.pdf
  Restricted Access
BAB I497 kBAdobe PDFView/Open
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
BAB II495.27 kBAdobe PDFView/Open
BAB III. KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
  Restricted Access
BAB III495.17 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV. METODE PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB IV531.46 kBAdobe PDFView/Open
BAB V. ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN.pdf
  Restricted Access
BAB V614.67 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
  Restricted Access
BAB VI335.92 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover336.51 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka387.22 kBAdobe PDFView/Open
H12ake.pdf
  Restricted Access
full text1.41 MBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran691.56 kBAdobe PDFView/Open
RINGKASAN.pdf
  Restricted Access
Ringkasan389.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.