Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60597
Title: Analisis Efektifitas Word of Mouth Marketing ditlam Mempertahankan Pasar Roti "Unyil" Venus Bogor
Authors: Herlina, Lien
Solaita, Neisya
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2009
Abstract: Perusahaan roti "Unyil" Venus berdiri pada tahun 1992 dengan status kepemilikan sendiri merupakan toko yang menjual berbagai macam produk roti dengan produk utama roti yang berukulan kecil dan diberi nama roti "Unyil" Venus. Perusahaan ini berada di jalan Sukasari Bogor yang merupakan toko pusat dari usaha ini. Perusahaan dikelola oleh anggota keluarga pemilik. Hingga saat ini, perusahaan ini telah memproduksi 30 macam variasi rasa. Selain itu, perusahaan pun memproduksi roti tawar, roti sobek, dan produk makanan camilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran, menganalisis efektivitas strategi promosi Word of Mouth (WOM), dan memberikan masukan kepada perusahaan roti "Unyil" Venus untuk mempertahankan pasamya. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner pada 100 pelanggan dan wawancara langsung dengan pihak manajemen perusahaan. Setelah data terkumpul, sebagian data diolah menggunakan program SPSS dengan menggunakan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis). Sebagian data yang lain ditabulasikan dan direpresentasikan dalam bentuk chart. Word of Mouth (WOM) marketing merupakan sebuah model dalam penyampaian informasi secara verbal, khususnya perekomendasian yang bersifat informal dengan cara person-to-person. Informasi yang diterima calon konsumen lain membentuk awareness pada calon konsumen tersebut. Hal ini merupakan fase awal dimana konsumen melakukan keputusan pembelian. Adapun faktor-faktor yang menciptakan stimulus bagi konsumen untuk teIjadinya WOM diantaranya karena adanya informasi yang dibutuhkan oleh kosumen, komunikasi spontan (tidak terencana), ketidakpuasan ataupun kepuasan sender sebagai konsumen yang pemah mengkonsumsi, dan pendapat yang tidak diminta oleh receive. Dalam penelitian ini pengujian efektifitas WOM marketing berdasarkan pada awareness dengan menilai top of mind dari konsumen mengenai produk roti "Unyil" Venus diikuti penilaian terhadap stimulus yang menyebabkan terjadinya WOM marketing. Penilaian stimulus terdiri dari penilaian terhadap kepuasan dan ketidakpuasan dan sumber WOhl, yang mencakup penilaian terhadap intensitas pembelian produk dan perekomendasian.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60597
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I380.63 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II1.1 MBAdobe PDFView/Open
BAB III Metodologi Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III412.93 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.27 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V322.88 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover285.02 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka330.35 kBAdobe PDFView/Open
F09nso.pdf
  Restricted Access
full text3.47 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran845.81 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan453.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.