Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60507
Title: Analisis Strategi Pemasaran pada Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor
Authors: Daryanto, Heny Kuswanti
Simanjuntak, Ignaz Christian
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Perkembangan preferensi dan motivasi wisatawan menyebabkan persaingan pada usaha kepariwisataan menjadi semakin kompetitif. Berbagai strategi dapat ditempuh para pelaku bisnis di bidang ini untuk dapat memenangkan persaingan. Berbagai produk dan jasa yang ditawarkan diharapkan mampu memuaskan kebutuhan pengunjung kawasan wisata tersebut termasuk pengunjung kawasan agrowisata. Dalam masa perkembangannya, keberadaan Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari kurang dikenal dan diketahui masyarakat. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh pihak manajemen belum dilaksanakan dengan tepat. Selain itu, objek wisata ini merupakan jenis objek wisata minat khusus. Hal ini dapat terlihat dari jumlah pengunjung Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari yang tercatat sejak Mei 2008 hingga Agustus 2009 hanya berjumlah 396 orang bahkan pada bulan tertentu tidak ada satupun wisatawan yang melakukan kunjungan. Agar upaya pengembangan Agrowisata KTO Karyasari dapat berhasil dengan baik, maka diperlukan penerapan strategi bauran pemasaran yang baik dan tepat agar dapat bersaing dalam persaingan global. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan, (2) mengidentifikasi dan menganalisis faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman, dan (3) menganalisis alternatif strategi pemasaran dan menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterapkan. Penelitian dilaksanakan pada Agrowisata KTO Karyasari yang terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Responden yang dipilih adalah Pimpinan Yayasan Pengembangan Obat Karyasari, Kepala Bagian Agrowisata, Kepala Bagian Kebun, dan Kepala Bagian Promosi. Tahapan-tahapan yang digunakan dalam pengolahan data dilakukan secara sistematis yaitu : Analisis Matriks IFE dan EFE, penentuan posisi perusahaan (Matris IE), formulasi alternatif strategi pemasaran (Matriks SWOT), dan prioritas strategi pemasaran (Matriks QSPM). ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60507
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10ics.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.55 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I426.27 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II428.37 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Perilaku Konsumen.pdf
  Restricted Access
BAB III455.72 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV420.08 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Perushaan.pdf
  Restricted Access
BAB V385.03 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Identifikasi Strategi Pemasaran.pdf
  Restricted Access
BAB VI494.34 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Matriks SWOT Agrowisata.pdf
  Restricted Access
BAB VII385.59 kBAdobe PDFView/Open
BAB VIII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VIII339.09 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover302.7 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka357.93 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran506.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.