Analisis Strategi Pemasaran pada Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor
Abstract
Perkembangan preferensi dan motivasi wisatawan menyebabkan persaingan pada usaha kepariwisataan menjadi semakin kompetitif. Berbagai strategi dapat ditempuh para pelaku bisnis di bidang ini untuk dapat memenangkan persaingan. Berbagai produk dan jasa yang ditawarkan diharapkan mampu memuaskan kebutuhan pengunjung kawasan wisata tersebut termasuk pengunjung kawasan agrowisata. Dalam masa perkembangannya, keberadaan Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari kurang dikenal dan diketahui masyarakat. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh pihak manajemen belum dilaksanakan dengan tepat. Selain itu, objek wisata ini merupakan jenis objek wisata minat khusus. Hal ini dapat terlihat dari jumlah pengunjung Agrowisata Kebun Tanaman Obat Karyasari yang tercatat sejak Mei 2008 hingga Agustus 2009 hanya berjumlah 396 orang bahkan pada bulan tertentu tidak ada satupun wisatawan yang melakukan kunjungan. Agar upaya pengembangan Agrowisata KTO Karyasari dapat berhasil dengan baik, maka diperlukan penerapan strategi bauran pemasaran yang baik dan tepat agar dapat bersaing dalam persaingan global. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan, (2) mengidentifikasi dan menganalisis faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman, dan (3) menganalisis alternatif strategi pemasaran dan menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterapkan. Penelitian dilaksanakan pada Agrowisata KTO Karyasari yang terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Responden yang dipilih adalah Pimpinan Yayasan Pengembangan Obat Karyasari, Kepala Bagian Agrowisata, Kepala Bagian Kebun, dan Kepala Bagian Promosi. Tahapan-tahapan yang digunakan dalam pengolahan data dilakukan secara sistematis yaitu : Analisis Matriks IFE dan EFE, penentuan posisi perusahaan (Matris IE), formulasi alternatif strategi pemasaran (Matriks SWOT), dan prioritas strategi pemasaran (Matriks QSPM). ...
Collections
- UT - Agribusiness [4248]