Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60459
Title: Audit pemasaran beras pandan wangi berlabel serta implementasinya terhadap strategi pemasaran CV Semesta Food
Authors: Yanuar, Rahmat
Alfian, Yuni
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Bulir padi yang telah diolah dan dipisahkan dari sekamnya disebut beras. Beras inilah yang siap diperjualbelikan di tingkat konsumen dan menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Beras merupakan salah satu dari sekian banyak produk agronomi yang memiliki fungsi yang strategis, baik ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, keamanan, maupun politik. Beras yang istimewa, khas, unik, dan cukup dikenal oleh konsumen adalah beras Pandan Wangi. Dengan keunikan, keunggulan, dan peluang pasar yang dimiliki beras Pandan Wangi maka banyak perusahaan yang berminat menjual beras varietas ini. Salah satu perusahaan tersebut adalah CV Semesta Food. CV Semesta Food adalah satusatunya perusahaan di Jakarta dan sekitarnya yang menjual beras Pandan Wangi berlabel atau bersertifikat. Label ini merupakan jaminan varietas Pandan Wangi asli (100 persen) dari Deptan. Merek dari beras tersebut adalah Xiang Mi. Penjualan beras Pandan Wangi milik CV Semesta Food menjadi semakin tidak stabil dan buruk. Hal ini didorong oleh permintaan Pandan Wangi yang semakin menurun akibat banyaknya kasus pengoplosan dan pemakaian pewangi kimia yang membuat konsumen kecewa dan tidak puas saat mengonsumsi beras Pandan Wangi. Selain itu jumlah pesaing dan produk substitusi yang banyak membuat konsumen memiliki banyak pilihan sehingga dapat memilih alternatif produk beras lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi dan perumusan strategi pemasaran yang sesuai agar CV Semesta Food dapat menghadapi lingkungan persaingannya. Profil internal, posisi perusahaan, dan kondisi persaingan di masa yang akan datang perlu untuk dikaji melalui audit pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis profil internal perusahaan CV Semesta Food, (2) menganalisis profil lingkungan bisnis yang dihadapi oleh CV Semesta Food, (3) menganalisis kesesuaian strategi pemasaran dan bentuk perusahaan dengan situasi persaingan yang ada, (4) menganalisis efektivitas sumber daya pemasaran yang dimiliki CV Semesta Food. Penelitian dilakukan di CV Semesta Food, Pademangan, Jakarta Utara. Penelitian ini menyangkut tentang analisis internal, konsumen, pesaing, dan perubahan dalam pemasaran perusahaan. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Januari sampai Maret 2010. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan judgment sampling method (purposive sampling). Responden yang dipilih adalah pihak yang dinilai mengetahui dengan baik mengenai informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60459
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10yal.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.94 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I489.01 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II455.54 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III384.71 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV410.6 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Perusahaan.pdf
  Restricted Access
BAB V426.4 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Hasil Dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB VI442.59 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Perumusan Strategi Pemasaran ....pdf
  Restricted Access
BAB VII410.5 kBAdobe PDFView/Open
BAB VIII Kesimpulan Dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VIII309.73 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover301.6 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka368.46 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.07 MBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan303.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.