Audit pemasaran beras pandan wangi berlabel serta implementasinya terhadap strategi pemasaran CV Semesta Food
Abstract
Bulir padi yang telah diolah dan dipisahkan dari sekamnya disebut beras. Beras inilah yang siap diperjualbelikan di tingkat konsumen dan menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Beras merupakan salah satu dari sekian banyak produk agronomi yang memiliki fungsi yang strategis, baik ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, keamanan, maupun politik. Beras yang istimewa, khas, unik, dan cukup dikenal oleh konsumen adalah beras Pandan Wangi. Dengan keunikan, keunggulan, dan peluang pasar yang dimiliki beras Pandan Wangi maka banyak perusahaan yang berminat menjual beras varietas ini. Salah satu perusahaan tersebut adalah CV Semesta Food. CV Semesta Food adalah satusatunya perusahaan di Jakarta dan sekitarnya yang menjual beras Pandan Wangi berlabel atau bersertifikat. Label ini merupakan jaminan varietas Pandan Wangi asli (100 persen) dari Deptan. Merek dari beras tersebut adalah Xiang Mi. Penjualan beras Pandan Wangi milik CV Semesta Food menjadi semakin tidak stabil dan buruk. Hal ini didorong oleh permintaan Pandan Wangi yang semakin menurun akibat banyaknya kasus pengoplosan dan pemakaian pewangi kimia yang membuat konsumen kecewa dan tidak puas saat mengonsumsi beras Pandan Wangi. Selain itu jumlah pesaing dan produk substitusi yang banyak membuat konsumen memiliki banyak pilihan sehingga dapat memilih alternatif produk beras lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi dan perumusan strategi pemasaran yang sesuai agar CV Semesta Food dapat menghadapi lingkungan persaingannya. Profil internal, posisi perusahaan, dan kondisi persaingan di masa yang akan datang perlu untuk dikaji melalui audit pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis profil internal perusahaan CV Semesta Food, (2) menganalisis profil lingkungan bisnis yang dihadapi oleh CV Semesta Food, (3) menganalisis kesesuaian strategi pemasaran dan bentuk perusahaan dengan situasi persaingan yang ada, (4) menganalisis efektivitas sumber daya pemasaran yang dimiliki CV Semesta Food. Penelitian dilakukan di CV Semesta Food, Pademangan, Jakarta Utara. Penelitian ini menyangkut tentang analisis internal, konsumen, pesaing, dan perubahan dalam pemasaran perusahaan. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Januari sampai Maret 2010. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan judgment sampling method (purposive sampling). Responden yang dipilih adalah pihak yang dinilai mengetahui dengan baik mengenai informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]