Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57069
Title: Analisis Efektivitas Promosi Terhadap Banyaknya Pengunjung Taman Bunga Nusantara Cianjur, Jawa Barat
Authors: Siregar, Edward H.
Kharisma, Annisa Bunga
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Perkembangan industri pariwisata di Indonesia menunjukkan kecenderungan yang terus meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan jumlah wisatawan ke Indonesia. Adanya peningkatan jumlah wisatawan, menyebabkan setiap pengelola jasa pariwisata harus berkompetisi untuk menawarkan dan menginformasikan keunggulannya untuk dapat menarik perhatian pengunjung. Taman Bunga Nusantara adalah salah satu tempat wisata agro yang berlokasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan terletak di kawasan Puncak, dimana Puncak merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan khususnya wisatawan yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Hal tersebut membuat pihak TBN perlu merumusan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi kondisi persaingan jasa pariwisata yang semakin ketat tersebut. Kegiatan promosi merupakan salah satu kunci untuk mendorong kegiatan pemasaran, sehingga strategi promosi dapat dijadikan salah satu alternatif strategi yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh TBN, (2) Menganalisis efektivitas promosi TBN, (3) Mengetahui hubungan antara promosi yang dilakukan dengan banyaknya pengunjung TBN, dan (4) Menganalisis bentuk promosi yang mendapat perhatian paling besar dari pengunjung. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara dengan kepala humas dan promosi TBN sedangkan data sekunder diperoleh dari data yang dimiliki oleh perusahaan, studi literatur, dan internet. Ukuran minimum sampel yang diambil berdasarkan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis EPIC Model dan Direct Rating Method (DRM) untuk mengetahui efektivitas promosi TBN, serta korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara biaya promosi yang dikeluarkan dengan banyaknya pengunjung TBN. Pengolahan data menggunakan software Microsoft Exel 2007 dan SPSS version 15 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa promosi yang dilakukan TBN terdiri dari promosi above the line, below the line dan word of mouth. Promosi yang telah dilakukan TBN masuk ke dalam kategori promosi efektif dengan nilai EPIC rate sebesar 3,57. Hasil perhitungan efektivitas promosi menggunakan Direct Rating method sebesar 74,35 menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan TBN sudah baik. Hubungan antara biaya promosi yang dikeluarkan dengan banyaknya pengunjung memiliki korelasi positif yaitu sebesar 0,308. Bentuk promosi yang paling banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung adalah melalui word of mouth yaitu dengan persentase sebesar 44%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57069
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I354.7 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II384.71 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III457.54 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV954.46 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V339.83 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover322.52 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka354.33 kBAdobe PDFView/Open
H12abk.pdf
  Restricted Access
full text1.6 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran667.52 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan316.29 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.