Analisis Efektivitas Promosi Terhadap Banyaknya Pengunjung Taman Bunga Nusantara Cianjur, Jawa Barat
Abstract
Perkembangan industri pariwisata di Indonesia menunjukkan kecenderungan yang terus meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan jumlah wisatawan ke Indonesia. Adanya peningkatan jumlah wisatawan, menyebabkan setiap pengelola jasa pariwisata harus berkompetisi untuk menawarkan dan menginformasikan keunggulannya untuk dapat menarik perhatian pengunjung. Taman Bunga Nusantara adalah salah satu tempat wisata agro yang berlokasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan terletak di kawasan Puncak, dimana Puncak merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan khususnya wisatawan yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Hal tersebut membuat pihak TBN perlu merumusan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi kondisi persaingan jasa pariwisata yang semakin ketat tersebut. Kegiatan promosi merupakan salah satu kunci untuk mendorong kegiatan pemasaran, sehingga strategi promosi dapat dijadikan salah satu alternatif strategi yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh TBN, (2) Menganalisis efektivitas promosi TBN, (3) Mengetahui hubungan antara promosi yang dilakukan dengan banyaknya pengunjung TBN, dan (4) Menganalisis bentuk promosi yang mendapat perhatian paling besar dari pengunjung. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara dengan kepala humas dan promosi TBN sedangkan data sekunder diperoleh dari data yang dimiliki oleh perusahaan, studi literatur, dan internet. Ukuran minimum sampel yang diambil berdasarkan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis EPIC Model dan Direct Rating Method (DRM) untuk mengetahui efektivitas promosi TBN, serta korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara biaya promosi yang dikeluarkan dengan banyaknya pengunjung TBN. Pengolahan data menggunakan software Microsoft Exel 2007 dan SPSS version 15 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa promosi yang dilakukan TBN terdiri dari promosi above the line, below the line dan word of mouth. Promosi yang telah dilakukan TBN masuk ke dalam kategori promosi efektif dengan nilai EPIC rate sebesar 3,57. Hasil perhitungan efektivitas promosi menggunakan Direct Rating method sebesar 74,35 menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan TBN sudah baik. Hubungan antara biaya promosi yang dikeluarkan dengan banyaknya pengunjung memiliki korelasi positif yaitu sebesar 0,308. Bentuk promosi yang paling banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung adalah melalui word of mouth yaitu dengan persentase sebesar 44%.
Collections
- UT - Management [3443]