Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56174
Title: Analisis dan Strategi Meningkatkan Kepuasan serta Loyalitas Mahasiswa terhadap Pelayanan Makanan dl Kampus IPB Darmaga
Authors: Retnaningsih
Pranadji, Diah Krisnatuti
Kuswan
Issue Date: 2007
Abstract: Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan dan Ioyalitas mahasiswa terhadap pe!ayanan makanan di kampus IPB Darmaga serta mencari prioritas perbaikan atribut sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan. Adapun tujuan khususnya adalah (1) mengidentifikasi karakteristik sosiaI ekonorni mahasiswa IPB; (2) mengidentifikasi proses pembelian makanan di dalam kampus; (3) mengaanalisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan makanan di kampus IPB Darmaga; (4) menganaIisis respon kepuasan (Ioyalitas) mahasiswa temadap pelayanan makanan di kampus IPB ; (5) menganalisis respon ketidakpuasan (perilaku konplain dan word of mouth) mahasiswa jika ditemukan sumber kekecewaan pada pelayanan makanan; (6) menganalisis hubungan karakteristik sosiaI ekonomi contoh dengan kepuasan mahasiswa; (7) menganalisis hubungan kepuasan dengan Ioyalitas mahasiswa; (8) merumuskan prioritas perbaikan sebagai strategi untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap pe!ayanan makanan di karnpus IPB Darmaga. Disain penelitian ini adaIah cross sectiollal study. Penelitian ini dilakukan di Kampus IPB Darmaga-Bogor dari September 2006 - Februari 2007. Pene!itian ini merupakan bagian dari projek penelitian Due like yang berjudul"Analisis dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa IPB terhadap Penyelenggaraan Akademik dan Fasilitas Kampus". Teknik pengambilan sampel penelitian ini adaIah convinience sampling. Jumlah sampelnya adalah sebanyak 517 mahasiswa Data penelitian terdiri dari dua yai!u primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan pengamatan Iangsung. Data primer mencakup katakteristik contoh, karakteristik keluarga contoh, frekuensi makan per hari, poses pembe!ian, harapan terhadap atribut, evaluasi kinerja atribut, kepuasan, respon kepuasan (loyalitas), dan respon ketidakpuasan (periIaku konplain serta bentuk( Word of mooth pasca pembelian). Pengamatan Iangsung diIakukan di Iokasi kantin dan wawancara ke beberapa pengusaha jasa boga Hal ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum peIayanan makanan di IPB. Data sekunder berasaI dari Direktorat Jaminan Mutu Pendidikan yang mencakup jumlah mahasiswa IPB secara keseluruhan, dan dari Direktorat Prohumasi tentang luas kantin secara umum. Kepuasan dianalisis melalui dua teknik yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan terstruktur. Pengukuran loyalitas dilakukan melalui pendekatan perilaku dan pendekatan sikap. Strategi peningkatan kepuasan dianalisis melalui pendekatan teknik importaince performance matrix.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56174
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A07kus1.pdf
  Restricted Access
fulltext3.99 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I450.59 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II752.02 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III405.24 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV624.89 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB V2.02 MBAdobe PDFView/Open
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VI357.01 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
COVER303.39 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
DAFTAR PUSTAKA380.53 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
LAMPIRAN603.38 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
RINGKASAN439.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.