Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53518
Title: Pengukuran Efektivitas Iklan Es Krim Wall’s Magnum Terhadap Mahasiswa Program Strata-1 IPB Menggunakan Model Persamaan Struktural
Authors: Syamsun,Muhammad
Pratama, Aryansyah
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2011
Abstract: Magnum merupakan produk Wall’s yang mengalami peremajaan produk. Peremajaan produk tersebut dilakukan guna memperkenalkan kembali bagi konsumen yang belum mengetahui Magnum dan mengingatkan kembali bagi konsumen yang sebelumnya telah mengenal Magnum. Hal ini dilakukan karena produk Magnum pada Product Life Cycle nya tengah menghadapi masa penurunan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas iklan es krim Wall’s Magnum dalam mengkomunikasikan pesannya dengan efektif kepada konsumen menggunakan model persamaan struktural. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dari peneliti sebelumnya, yaitu Indri Astriyani yang berjudul “Analisis Efektivitas Iklan Televisi dan Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Es Krim Wall's Magnum berdasarkan Karakteristik Gender (Studi Kasus Mahasiswa Program Strata-1 IPB). Pengolahan dan analisis data menggunakan software AMOS 19 dan Microsoft Excel. Program ini terdiri dari pengujian measurement model dan structural model dengan berbagai alat uji model, yaitu absolute fit measures, incremental fit measures, dan parsimonius fit measures. Efektivitas iklan es krim Wall’s Magnum yang telah ditayangkan di televise dengan menggunakan metode analisis model struktural sudah mampu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan dengan efektif kepada konsumen. Penyebaran informasi yang dilakukan melalui iklan televisi (F) mengenal es krim Wall’s Magnum secara efektif dapat mempengaruhi sampai kepada pembelian nyata (P), yaitu melalui pengenalan merek (B) yang merupakan landasan untuk terciptanya sikap (A) dan kepercayaan konsumen (C). Selanjutnya sikap konsumen (A) dapat memacu niat beli (I) serta melakukan pembelian nyata (P) dengan membeli es krim Wall’s Magnum. Pesan iklan menjadi lebih efektif mempengaruhi niat beli hingga pembelian nyata melalui variabel pengenalan merek (B) yang merupakan variabel antara, artinya variabel pengenalan merek (B) dapat memperkuat pengaruh variabel pesan iklan (F) ke sikap konsumen (A). Analisis model persamaan struktural menghasikan indikator seperti pesan kesan, kenal kesan, percaya karakter, suka karakter, niat mudah, dan beli mudah yang berpengaruh terhadap variabel-variabel dalam proses keputusan pembelian nyata es krim Walls’ Magnum oleh konsumen khususnya mahasiswa Strata-1 IPB.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53518
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Bab I358.82 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
Bab II469.91 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab III419.19 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
Bab IV431.08 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
Bab V320.66 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover305.57 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka321.07 kBAdobe PDFView/Open
H11apr.pdf
  Restricted Access
Full text923.1 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran483.63 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan326.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.