Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53504
Title: Pengaruh Modal Sosial Terhadap Tingkatan Perolehan Kredit Mikro Oleh Pelaku Usaha Kecil di Kelurahan Pasir Mulya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.
Influence of Social Capital inAcquisition Stages of Micro Credit in Village of Pasir Mulya, Western District of Bogor,Bogor Muncipility
Authors: Wahyuni,Ekawati S.
Kuntoro, Diadji
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
social capital
the acqustion stage credits
ketch businesses
institutions microfinance
Issue Date: 2011
Abstract: This study was located in Pasir Mulya Village district of Bogor City, West Java Province. Since July 20 until August 18. The purpose of this study was to analized the influence of social capital on the acquisitionphasesof micro-credit. This study used a quantitative approach and qualitative approach as supported.Quantitative data obtained through a questionnaire to 30small bussiness who were respondents in this study. While the qualitative approach was done through observation, depth interviews, and search related documents or literary study. Generally the problems faced by small businesses was difficulty in obtaining loans to Banks so that fromit comes the microfinance institutions. Microfinance institutions are financial institutions that facilitate financial service small busines issues. Cooperation that exist between small business and microfinance institutions show there are other things besides economic factors which affect social capital. Sicial capital has three components they are trust, sicial networks and norms. Based on research results of all three components of the only norm that has no influence on thephases of the acquisition stage of micro-credit. Although not all components of social capital have an inflience on the acquiition stage of micro credit but overall condition of the social capital of small businesses be said to be good
Keterbatasan akses sumber-sumber pembiayaan yang dihadapi oleh para pelaku UKM merupakan masalah yang paling banyak ditemui karena pada umumnya usaha kecil mikro merupakan usaha yang bersifat tertutup yang mengandalkan modal dari pemilik yang jumlahnya sangat terbatas. Berangkat dari hal itu maka munculah suatu lembaga keuangan yang khusus mengatasi masalah pendanaan pelaku usaha kecil yakni Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Kerjasama yang dibentukoleh pihakLKM dengan pelaku usaha kecil melalui pinjaman kredit yang diberikan kepada pelaku usaha tersebut menunjukan adanya suatu hal yang mempengaruhi pihak LKM bersedia meminjamkan kredit kepada pelaku usaha tanpa disertai jaminan atau angunan. Hal tersebut adalah modal sosial dimana kepercayaan, norma dan jaringan merupakan pilar-pilar utama dari modal sosial itu. Berdasarkan hal tersebut maka munculah beberapa pertanyaan di dalam penelitian ini yakni Apakah modal sosial (kepercayaan, jaringan, norma) yang terdapat antara pelaku usaha kecil mikro dan LKM berpengaruh terhadaptahapan perolehan kredit dan komponen modal sosial (kepercayaan, jaringan, norma) apa yang paling berpengaruh terhadap tingkatan perolehan kredit. Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut digunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner didukung dengan data kualitatif melalui observasi, wawancara mendalam, dan penelusuran dokumen yang terkait dengan pembahasan. Pendekatan kuantitatif ditujukan bagi 30 responden yang diperoleh dengan metode simple random sampling dari 60 kerangka sampling yang merupakan pelaku usaha kecil di kelurahan Pasir Mulya khususnya di RW 02.Hasil di lapangan menunjukan bahwa dari ketiga komponen modal sosial yakni kepercayaan, jaringan dan norma hanya jaringan yang memiliki pengaruh yang paling besar diantara kedua komponen lainnya yakni kepercayaan dan norma hal ini dikarenakan sebagian bersar warga yang memperoleh kredit dari LKM Bina Usaha Mandiri merupakan tetangga dan teman dekat sehingga jaringan sosial sangat erat kaitannya di sini. Meskipun kepercayaan juga memilikki pengaruh terhadap tahapan perolehan kredit mikro sebagian responden saja yang berhasil memperoleh kredit atas dasar kekerabatan, status posisi sosial dan keterampilan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53504
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract91.88 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Bab I111.87 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Pendekatan Teoritis.pdf
  Restricted Access
Bab II276.22 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Pendekatan Lapang.pdf
  Restricted Access
Bab III97.8 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Gambaran Umum Lokasi Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab IV213.41 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Karakteristik Responden, Kondisi Ekonomi dan Modal Sosial.pdf
  Restricted Access
Bab V241.35 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Pengaruh Modal Sosial Terhadap Tahapan Perolehan Kredit Mikro.pdf
  Restricted Access
Bab VI228.26 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Penutup.pdf
  Restricted Access
Bab VII175.15 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover110.53 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka310.98 kBAdobe PDFView/Open
I11dku.pdf
  Restricted Access
Full text1.3 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran232.34 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.