Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47491
Title: | Analisis energi pada proses pembuatan minyak nyamplung |
Authors: | Purwanto, Y. Aris Kraftiadi, Suhartono |
Issue Date: | 2011 |
Publisher: | IPB (Bogor Agricultural University) |
Abstract: | Energi merupakan sumber kebutuhan vital bagi masyarakat. Kondisi empiris menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat masih tergantung pada sumber energi yang berasal dari fosil seperti minyak dan gas. Penggunaan bahan bakar fosil saat ini mulai dikaji ulang karena ketersediaannya mulai menipis dan butuh waktu yang relatif lama untuk terbentuk kembali. Sementara itu konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada sektor transportasi untuk jenis gasoline oktan 88 (premium atau bensin), gasoline oktan 92 (pertamax), dan biodiesel 5% (biosolar) juga meningkat tiap tahunnya. Salah satu alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil adalah biofuel yang berasal dari sumberdaya hayati yang bisa diperbarui berupa minyak nabati dan hewani. Salah satu sumber minyak nabati yang dapat digunakan sebagai bahan bakar adalah Nyamplung (Calophyllum inophyllum). Kelebihan Nyamplung sebagai bahan bahan baku biofuel adalah menghasilkan rendemen yang cukup tinggi, mencapai 72%, tersebar merata secara alami di Indonesia dan memiliki daya bertahan hidup yang tinggi, produktivitasnya tinggi hingga 20 ton/ ha sedangkan jarak pagar 5 ton/ha, berbuah sepanjang tahun, sebagai wind breaker yang melindungi tanaman pertanian agar tidak rebah terkena angin besar, dan tidak berkompetisi dengan kebutuhan pangan. Biji nyamplung mengandung minyak 40-72%; air 25-35%; dan abu 1.1-1.3%. Minyak kasar mengandung asam resin 9.7-15% yang menyebabkan minyak berwarna hijau, rasanya pahit, dan beracun. Berdasarkan jumlah tegakan pohon nyamplung yang ada di Indonesia, potensi minyak nyamplung yang dihasilkan sebesar 39,405.6 ton/ tahun atau 43,784,000 kl/tahun |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47491 |
Appears in Collections: | UT - Agro-Industrial Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F11skr.pdf Restricted Access | Full Text | 1.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_Cover.pdf Restricted Access | Cover | 315.13 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_Abstract.pdf Restricted Access | Abstract | 325.17 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_BAB I Pendahuluan.pdf Restricted Access | BAB I | 359.09 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted Access | BAB II | 390.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_BAB III Metode Penelitian.pdf Restricted Access | BAB III | 491.88 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted Access | BAB IV | 886.77 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_Kesimpulan.pdf Restricted Access | Kesimpulan | 317.22 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_Daftar Pustaka.pdf Restricted Access | Daftar Pustaka | 323.72 kB | Adobe PDF | View/Open |
F11skr_Lampiran.pdf Restricted Access | Lampiran | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.