Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/19153
Title: Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kecap Untuk Pengembangan Perusahaan (Studi Kasus di Perusahaan Kecap Segitiga)
Authors: Jamaran, Irawadi
Arkeman, Yandra
Ramdhan, Asep Muhammad
Issue Date: 2002
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Banyak industri yang berbasis pada pertanian mulai berkembang yang berasal dari industri skala rumah tangga dan mengahadapi persaingan dari industri besar yang menghasilkan produk yang sejenis.'" Salah satu Industri tersebut adalah perusahaan Kecap Segitiga yang berada di Kabupaten Majalengka. Untuk pemasaran ditingkat lokal perusahaan ini memiliki potensi yang cukup bagus karena banyak produk yang dikeluarkan diserap diwilayah ini, namun untuk perluasan pasar mereka menghadapi persaingan yang cukup berat dari perusahaan lain yang mengeluarkan produk yang sama. Maka untuk bisa mempertahankan konsumen dan memperluas pangsa pasar dilakukan penelitian mengenai preferensi konsumen terhadap produk kecap. Tujuan dari penelitian ini adalah memilih faktor dan atribut-atribut yang terdapat pada kecap sebagai bahan evaluasi bagi responden untuk mengetahui faktor dan atribut yang paling disukai oleh konsumen berdasarkan analisis konjoin. Tujuan selanjutnya adalah untuk mempelajari preferensi konsumen terhadap kecap Segitiga serta melihat hubungan antar variabel yang berkaitan dengan preferensi konsumen terhadap kecap Segitiga dan seberapa kuat hubungan tersebut. Alat yang digunakan adalah kuesioner untuk memperoleh data-data mengenai responden yang diperlukan dalam penelitian ini. Dari kuesioner yang disebarkan diperoleh 210 kuesioner yang layak untuk dilakukan pengolahan lebih lanjut terhadap data-data dari responden dengan menggunakan metoda statistika. Pangsa pasar dari Kecap Segitiga tersebut tidak dibatasi dengan tingkatan ekonomi artinya Kecap Segitiga bisa diserap oleh semua kalangan. Kebanyakan dari responden menggunakan Kecap Segitiga ini untuk keperluan memasak dirumah, untuk keperluan lain yang penting adalah digunakan sebagai penyedap masakan pada warung makanan seperti bakso, mie ayam atau warung nasi dimana kecap segitiga untuk keperluan ini intensitas pembeliannya cukup tinggi. Untuk kemasan Kecap segitiga yang banyak digunakan adalah kemasan botol kecil dengan isi 250 ml dan mereka lebih banyak membeli langsung di pabriknya ataupun dipasar. Dari hipotesis yang diuji ternyata tidak ada hubungan antara usia dengan rasa, aroma, tekstur dan kemasan pada kecap sehingga terlihat tidak adanya segmentasi dari produk dengan batasan usia konsumen dan terdapatnya hubungan antara pekerjaan responden dengan tempat pembelian kecap. Prioritas utama dalam pemilihan kecap, konsumen lebih memperhatikan rasa, kemudian kekentalan, aroma, harga, kemudahan mendapatkannya, banyaknya isi, dan (terakhir kemasannya. Dan hasil analisis konjoin diperoleh bahwa konsumen yang akan membeli kecap mereka akan memperhatikan atribut yang penting yakni aroma sebesar 56%, tekstur sebesar 27%, rasa sebesar 12% kemudian kemasan sebesar 5%. Untuk taraf pada aroma, konsumen lebih menyukai aroma kedelai kemudian untuk kekentalan yang disukai oleh konsumen adalah sedang, untuk rasa adalah manis sedang dan kemasan yang disuka oleh konsumen adaIah botol kecil dengan isi 250 1111. Dan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk pasar potensial adalah kalangan wiraswasta yang memiliki warung makanan seperti bakso, mie ayam atau warung nasi. Untuk jalur distribusi produk, konsumen memilih pabrik sebagai tempat pembelian dan sebagai alternatifnya adalah pasar kemudian pasar dari kecap tidak dibatasi oleh usia. Untuk kecap yang disenangi dan banyak dipilih oleh responden berdasarkan analisis konjoin oleh konsumen adalah kecap yang beraroma kedelai dengan kekentalan sedang, rasa manis sedang dan dikemas dalam kemasan botol isi 250 mI. Aroma memiliki nilai penting relatif yang cukup tinggi bagi preferensi pada produk kecap kemudian kekentalan, rasa dan terakhir adalah kemasan. Data-data tersebut dapat dijadikan sebagai bahan masukkan bagi pemasaran, pendistribusian barang ataupun peluncuran produk kecap baru dengan atribut-atribut yang disukai oleh konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/19153
Appears in Collections:UT - Agro-Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F02amr_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract237.78 kBAdobe PDFView/Open
F02amr.pdf
  Restricted Access
Full Text2.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.