Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171252
Title: Pengaruh Emotion Dysregulation, Moral Disengagement, dan Tekanan Teman Sebaya terhadap Cyberbullying Siswa SMP dan SMA
Other Titles: 
Authors: Riany, Yulina Eva
Islamiah, Nur
SAUSAN, NISRINA
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Di era digital, cyberbullying semakin meluas sebagai salah satu bentuk kekerasan berbasis teknologi di kalangan siswa sekolah. Penelitian ini menganalisis pengaruh emotion dysregulation, moral disengagement, dan tekanan teman sebaya terhadap perilaku cyberbullying pada 198 siswa SMP dan SMA di Jakarta Selatan yang dipilih melalui cluster random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi, uji t, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen maupun cyberbullying berada pada kategori sedang, serta terdapat hubungan positif signifikan antarvariabel. Analisis regresi menunjukkan bahwa secara keseluruhan ketiga variabel berpengaruh positif terhadap cyberbullying. Berdasarkan jenjang pendidikan, pada siswa SMP moral disengagement tidak berpengaruh signifikan, sedangkan pada siswa SMA tekanan teman sebaya tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, jenis kelamin, durasi penggunaan media sosial, dan pendidikan ibu juga berpengaruh signifikan, dengan skor laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171252
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_I2401211034_9cae8d7a9fab45a5bd5ad79980dca0e8.pdfCover2.33 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_I2401211034_f1dd93b08ee24a8288ee060b4faa267d.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.98 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_I2401211034_8189f6365c1d4d849fd085682778db22.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.