Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171175
Title: Produksi Konten Promosi Infografis Berbasis Artificial Intelligence pada Akun Instagram @tikkum__
Other Titles: 
Authors: Nugroho, David Rizar
Yuliasari, Ika
CEFTIANI, DESFA INDAH KURNIA
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Proyek akhir ini akan menjelaskan tentang bagaimana proses produksi konten promosi gambar infografis menggunakan teknologi terbaru yang sedang ramai digunakan, yaitu artificial intelligence di akun Instagram @tikkum__ sebagai media promosi usaha. Tujuan utama dari pembuatan proyek ini adalah untuk memanfaatkan salah satu produk kemajuan teknologi zaman sekarang, yaitu AI dalam pembuatan konten promosi kafe Titik Kumpul Bogor berbentuk infografis dengan mudah dan efisien. Proses produksi ini dimulai dengan brainstorming ide konten, pengembangan ide konten, pemilihan elemen grafis dan aplikasi AI khusus untuk pembuatan infografis, tahap men-design infografis sesuai dengan kategori konten yang telah ditentukan, sampai ke tahap revisi akhir bersama dengan pihak mitra proyek akhir Kafe Titik Kumpul. Hasil akhir dari proyek ini akan menunjukkan bahwa penggunaan teknologi artificial intelligence ini dapat mempermudah dan meningkatkan efisiensi waktu kerja serta kualitas visual grafis dalam pembuatan sebuah konten promosi baik itu berbentuk infografis dan konten gambar lainnya. Proses produksi ini nanti akan menjawab dan hasil akhir dari konten ini nanti akan menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan dalam penulisan laporan proyek.
This final project will explain the process of producing promotional infographic content using the latest technology, artificial intelligence, on the Instagram account @tikkum__ as a business promotional medium. The main objective of this project is to utilize one of today's technological advances, AI, to easily and efficiently create promotional content for the Titik Kumpul Bogor cafe in the form of infographics. The production process begins with brainstorming content ideas, developing them, selecting graphic elements and using a dedicated AI application for infographic creation, designing the infographic according to the predetermined content categories, and final revisions with the project partners of the Titik Kumpul cafe. The final results of this project will demonstrate that the use of artificial intelligence technology can simplify and improve work efficiency and the visual quality of graphic content in creating promotional content, both in the form of infographics and other image content. This production process will address the research questions identified in the project report.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171175
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301211222_d9d3794954b748bea0465db37162520a.pdfCover2.85 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301211222_b233372757444844b779b17ce0c7f6f2.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.85 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301211222_3ba293574285473b9640789770082dcf.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.